Headlines News :
Home » , » Ini Tindakan Gubernur Jambi untuk Hentikan Praktik Tambang Emas Liar

Ini Tindakan Gubernur Jambi untuk Hentikan Praktik Tambang Emas Liar

Written By Admin on Selasa, 19 April 2016 | 18.56

Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola akan menghentikan mata rantai pengiriman bahan bakar minyak (BBM) ke pusat-pusat penambangan emas liar atau tanpa izin di Kabupaten Bungo, Sarolangun, dan Merangin, Provinsi Jambi.

“Untuk menghentikan praktik yang merusak lingkungan tersebut tidak cukup hanya melakukan razia dan pembakaran mesin tambang emas ilegal. Langkah penting yang perlu segera dilakukan yaitu menghentikan pasokan BBM kepada para penambang emas liar tersebut,” katanya kepada SP, Selasa (19/4) di Jambi.

Terkait itu, katanya, aparat keamanan akan dikerahkan mengawasi pengiriman BBM kepada para penambang emas liar tersebut. “Dalam waktu dekat, kita akan membentuk tim terpadu penanganan usaha tambang emas liar,” tegas Zumi Zola.

Saat ini Pemprov Jambi memang masih sulit menghentikan maraknya kegiatan penambangan emas rakyat tanpa izin di daerah itu terutama di ketiga kabupaten tersebut. Kendala utama yang dihadapi karena banyaknya warga yang menggantungkan hidup dari usaha ilegal tersebut.

Selain itu, para pemodal atau makelar usaha tambang emas liar masih banyak berkeliaran, yang ironisnya ketika ada razia tambang, para makelar itu jarang tertangkap petugas. Penegakan hukum yang lemah juga menjadi persoalan tersendiri sehingga praktik tambang emas liar yang sangat merugikan itu masih terus berlangsung dan semakin sulit dikendalikan.

Persoalan-persoalan ini juga dibahas dalam Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi di Kantor Gubernur Jambi, Senin (18/4).

Gubernur Jambi Zumi Zola saat memimpin rapat itu menyebutkan Kabupaten Bungo, Sarolangun, dan Merangin, terbanyak praktik tambang emas liar.

Ia mengakui usaha tambang emas liar itu masih sangat sulit diberantas karena warga umumnya menggantungkan kehidupannya pada usaha ilegal itu, karena mereka tidak memiliki usaha lain.

“Masyarakat hidup dari usaha tambang emas ilegal karena pemodal menampung hasil usaha mereka. Pemodal usaha tambang emas liar ini jarang tertangkap ketika dilakukan razia penambangan emas liar,” ungkap Zumi Zola.

Karena itu, kata dia, untuk jangka pendek tindakan yang segera dilakukan menghentikan pasokan BBM kepada para penambang emas liar, dan meminta aparat keamanan ikut mengawasi ketat kebijakan ini.

Setelah tindak tegas itu, lanjutnya, warga harus diberikan alternatif untuk menjamin kehidupan ekonominya. Untuk itu Pemprov Jambi akan berupaya menerbitkan peraturan daerah mengenai usaha penambangan emas rakyat dengan tetap mengacu peraturan pemerintah mengenai pertambangan dan lingkungan hidup.

“Ke depan, Pemprov Jambi akan melegalkan pertambangan rakyat sebagai salah satu solusi mengatasi kesulitan ekonomi rakyat, disamping menjadi sumber pendapatan asli daerah yang sah. Jadi kami tidak melarang usaha tambang emas rakyat, tetapi menertibkan,” katanya.

Sementara Danrem 042/Garuda Putih, Kol Inf Makmur menegaskan, jajaran TNI di Jambi siap mendukung program pemberantasan penambangan emas liar di daerah itu. Penambangan emas liar di Jambi tidak bisa dibiarkan karena sudah banyak merusak lingkungan hutan dan mencemari air sungai. Kemudian usaha tambang emas liar di Jambi juga sudah banyak memakan korban. Para penambang emas liar di daerah itu sudah banyak yang tewas akibat tertimbun longsor di lokasi penambangan.

“Merlalui wadah tim terpadu penanggulangan usaha tambang emas liar yang nanti dibentuk Pemprov Jambi, jajaran TNI siap terjun ke lapangan melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan usaha tambang emas liar. Jika ada oknum TNI di Jambi yang terlibat dalam penambangan emas liar akan kami tindak tegas,” katanya. [141]

Radesman Saragih/Jeis Montesori/JEM

Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/360778-ini-tindakan-gubernur-jambi-untuk-hentikan-praktik-tambang-emas-liar.html

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>