Headlines News :
Home » , » Dewan Desak PT.MTL Untuk Beri Hak Masyarakat

Dewan Desak PT.MTL Untuk Beri Hak Masyarakat

Written By Admin on Sabtu, 09 April 2016 | 10.29

Kenali.co, MUARA BUNGO - Kerjasama antara PT.Mitra Tani Lestari (MTL) dan masyarakat Limbur Lubuk Mengkuang dianggap menguntungkan sepihak, Pasalnya, masyarakat menuding pihak PT. MTL yang difasilitasi oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selaku perpanjangan tangan tidak menepati perjanjian.

"Masyarakat sudah banyak yang menggadu ke kami (dewan), terkait ingkar janji yang dilakukan oleh PT. MTL melalui BUMD. sebelumnya, isi perjanjian adalah setiap per enam bulan akan ada kenaikan sewa lahan yang digunakan oleh perusahaan, namun kenyataannya hingga saat ini bukan malah kenaikan yang diterima, tapi semakin diturunkan pembagian jatah masyarakat dengan alasan tidak untung," ucap  Dharmawan anggota DPRD Bungo.

Disampaikannya, dengan ada nya keluhan masyarakat yang mendatangi gedung dewan. Pihaknya telah melakukan pemanggilan kepada semua unsur yang terkait. Namun hingga saat ini belum ada keputusan yang pasti dari kedua belah pihak.

"Baik dari instansi pemerintah, perusahaan dan perwakilan masyarakat sudah kita duduk kan bersama beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini belum ada keputusan yang pasti terkait bagi hasil lahan masyarakat yang di gunakan oleh PT. MTL. dari perusahaan sendiri beralasan bahwa perusahaan yang ada disini tidak bisa menggambil keputusan dan harus membuat laporan terlebih dahulu ke pusat terkait permintaan masyarakat yang menginginkan bagi hasil tersebut dinaikkan,"paparnya.

Dengan ada nya permasalahan tersebut yang disertai ancaman dari masyarakat Limbur Lubuk Mengkuang akan melakukan hukum Rimba. Dharmawan mendesak pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo agar cepat bertindak dan menyelesaikan permasalahan ini namun mengguntungkan kedua belah pihak.

"Jangan sampai masyarakat menggunakan cara nya sendiri untuk menggatasi permasalahan ini, sebaiknya pemerintah kabupaten cepat bertindak agar tidak terjadi yang di inginkan,"tandasnya.

Untuk diketahui, bahwa saat ini masyarakat mendapatkan Rp.275 ribu/ hektar setiap bulannya. Tuntutan masyarakat meminta perusahaan membayar sebesar Rp.400 ribu perhektar setiap bulannya.

(Put)

Sumber : http://www.kenali.co/berita-2283-dewan-desak-ptmtl-untuk-beri-hak-masyarakat.html

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>