Headlines News :
Home » , » Bupati Bungo Sudah Lapor Masalah PETI ke Presiden

Bupati Bungo Sudah Lapor Masalah PETI ke Presiden

Written By Admin on Sabtu, 16 April 2016 | 06.04

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO -‎ Masalah Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) cukup krusial, karena bukan hanya masyarakat namun kini banyak oknum-oknum tertentu ‎yang 'mendompleng' nama masyarakat dengan melakukan aktivitas penambangan di jalur sungai.

Terbesar di Kecamatan Pelepat karena menurut warga setempat sedikitnya ada lima ekskavator melakukan pengerukan di areal sungai kawasan Dusun Batu Kerbau.

Pemerintah Kabupaten Bungo mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan praktik yang merusak lingkungan tersebut, terakhir Bupati Sudirman menyebut sudah melaporkan masalah ini ke Presiden Jokowi.

"Kita sudah sampaikan masalah PETI ke presiden belum lama ini, bersama Haris (Bupati Merangin) kemarin. Sekarang menunggu apa selanjutnya arahan dari pemerintah pusat‎," sebut Sudirman beberapa hari lalu.

Jika memang memungkinkan, Pemkab berharap dibuat Wilayah Tambang Rakyat (WTR) sehingga keberadaan penambang terkontrol.

Selain itu, dengan diciptakan WTR menurut dia Pemkab bisa melakukan pembinaan seperti di mana saja lokasi yang bisa digali dan mana yang tidak.

"Kalau bisa dibikin WTR. Lebih baik kita bina saja supaya tidak merusak lingkungan, tinggal konsepnya nanti seperti apa," imbuh Bupati.

Yang paling penting, dalam aktivitas tambang masyarakat tidak melakukannya di kawasan sungai atau area-area yang berkaitan dengan kepentingan umum.

‎"Jadi akan lebih untung WTR, daerah juga dapat, kemudian masyarakat aman. Yang penting jangan dilakukan di sungai saja," tukasnya.

Sementara soal panggilan Gubernur Jambi Zumi Zola terkait aktivitas PETI yang disebut menjadi penyebab terjadinya banjir bandang, Sudirman mengaku akan hadir.

"Kita siap (dipanggil gubernur), nanti kita sampaikan saja apa yang terjadi di sini, tidak ada yang perlu ditutup-tutupi," pungkasnya. ‎

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

Sumber : http://jambi.tribunnews.com/2016/04/15/bupati-bungo-sudah-lapor-masalah-peti-ke-presiden

Foto: tribunjambi.com

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>