Headlines News :
Home » , » Bangun Jalur Evakuasi, dari Kerinci Membelah TNKS Tembus Kabupaten Bungo

Bangun Jalur Evakuasi, dari Kerinci Membelah TNKS Tembus Kabupaten Bungo

Written By Admin on Selasa, 12 April 2016 | 23.44

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rencana pembangunan jalur evakuasi untuk warga yang bermukim di kawasan kaki Gunung Kerinci yang diajukan oleh Gubernur Jambi kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), disambut positif. Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan dakam waktu dekat ini pembangunan jalur evakuasi itu tinggal ditindaklanjuti dinas terkait, apakah sistemnya nanti pinjam pakai atau ada rekomendasi lainnya.

"Ibu Menteri sebenarnya tidak masalah, itu memang masuk wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan jalannya tidak panjang. Yang saya tahu dana untuk membangun jalannya sudah ada," katanya, kemarin (12/4).

Zola mengatakan, pembangunan jalur evakuasi dari Kabupaten Kerinci yang membelah TNKS itu rencananya langsung menembus Kabupaten Bungo karena aksesnya lebih dekat. "Kita utamakan sekarang adalah keselamatan dari masyarakat, terutama yang di Kabupaten kerinci," ujarnya.

Zola mengungkapkan pembangunan jalur evakuasi itu sudah diperjuangkan bertahun-tahun. Banyak pertimbangan dalam pengajuannya, terutama mengingat gunung itu masih aktif. "Alhamdulilaah saat ini sudah disetujui dengan Menteri," katanya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi menyiapkan lokasi tempat evakuasi warga jika sewaktu-waktu terjadi letusan Gunung Kerinci, yang saat ini berstatus waspada level II. Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jambi Dalmanto, mengatakan lokasi yang disiapkan itu untuk desa yang hanya berjarak lima kilometer dari kaki gunung.

"Ada tiga desa yang dekat dengan gunung api tersebut, yakni Desa Gunung Labu, Kersik Tuo, dan Sungai Kering Kecamatan Kayu Aro," kata Dalmanto. Dia bilang jika sewaktu-waktu terjadi letusan gunung, warga Desa Gunung Labu pertama dikumpulkan (titik temu) di lapangan bola desa setempat. Kemudian warga Sungai Kering titik temunya di depan kantor desa setempat.

Sementara warga Kersik Tuo dikumpulkan di lapangan bola tepatnya di belakang Polsek Kayu Aro, atau lokasi yang menjadi tempat evakuasi warga tiga desa tersebut. "Setelah berkumpul di titik temu, warga Gunung Labu dan Sungai Kering dibawa ke lapangan bola Desa Kersik Tuo yang berjarak 12 kilometer dari gunung. Setelah itu barulah semua warga dievakuasi dari daerah itu," kata Dalmanto.

Ia juga mengatakan BPDB, SAR, dinas kehutanan, relawan, dan masyarakat peduli bencana terus berkoordinasi terkait perkembangan gunung tersebut. "Satu desa sekitar 30 orang kita latih untuk tanggap bencana sejak satu tahun lalu. Saat ini komunikasi dan koordinasi terus kita galakkan mengingat status gunung wasapada level II," ujarnya. (kur)

Sumber : http://jambi.tribunnews.com/2016/04/12/bangun-jalur-evakuasi-dari-kerinci-membelah-tnks-tembus-kabupaten-bungo

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>