Headlines News :
Home » , » Wabah DBD Serang Bungo, Ratusan Orang Terdampak dan 4 Meninggal

Wabah DBD Serang Bungo, Ratusan Orang Terdampak dan 4 Meninggal

Written By Admin on Jumat, 25 Maret 2016 | 05.55

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - ‎Musim hujan tahun ini memiliki berbagai dampak di Bungo, diantaranya soal mewabahnya penyakitDemam Berdarah Dengue (DBD)

Untuk di RSUD Hanafi Muara Bungo saja, terdata sejak Januari 2016 ada 118 pasien yang diduga menderita DBD. Dari angka itu, ‎60 orang dinyatakan positif DBD.

Jumlah itu hanya pasien yang ada di rumah sakit, sehingga dipastikan jumlahnya lebih dari itu mengingat sebagian ada yang dirawat di Puskesmas dan banyak pasien yang juga langsung berobat ke luar Bungo.

Menurut Direktur RSUD Hanafi, Safarudin, pasien melonjak tajam pada Januari sampai Februari lalu, atau sepanjang tingginya curah hujan.

‎Dari data pasien, ia mencatat terdapat 10 wilayah endemik DBDdi Kabupaten Bungo, diantaranya tersebar di Kecamatan Pasar Muara Bungo dan Rimbo Tengah.

‎"Kalau untuk kecamatan lain seperti Kuamang, Babeko itu sporadis," jelas Safarudin kepada Tribun, Kamis (24/3).

Sementara untuk pasien DBD, pihaknya memberi penangan khusus seperti memberi cairan. Jika berlanjut maka pihak medis langsung melakukan pemeriksaan labor secara lengkap.

Sejauh ini, menurutnya wabah DBD sudah merenggut korban jiwa, setidaknya tercatat empat orang penderita DBD meninggal dunia di RSUD Hanafi. "Tapi untuk yang meninggal ini ada juga yang terkena beberapa penyakit lain selain DBD," jelas dia.

Pihak RSUD sendiri menanggapi serius meningkatnya wabahpenyakit berbahaya itu, kini bersama stake holder lain melakukan komunikasi untuk mencari langkah penanggulangan.

"Tetap harus dilakukan foging untuk memutus rantai nyamuk. Kemudian yang juga sangat penting bagaimana melakukan pemberantasan sarang nyamuk," pungkasnya.

Untuk masalah ini dan data pasien di Puskesmas, sayang pihak dari Dinas Kesehatan tak bisa dikonfirmasi. Kepala Dinas Kesehatan Nurfa Usdiati tidak bisa ditemui di kantornya, selain itu meski aktif namun telfon yang dilakukan tak mendapat respon.

Sumber : http://jambi.tribunnews.com/2016/03/24/wabah-dbd-serang-bungo-ratusan-orang-terdampak-dan-4-meninggal

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>