Headlines News :
Home » , » Atas Laporan Warga, Polisi Tahan Calo Honorer

Atas Laporan Warga, Polisi Tahan Calo Honorer

Written By Admin on Rabu, 24 Februari 2016 | 16.39

indopos.co.id – Dugaan praktik percaloan pengangkatan honorer mulai mengarah ke ranah hukum. Terbukti, seorang warga asal Limbur Lubuk Mengkuang, dilaporkan dan resmi ditahan atas dugaan praktik percaloan meloloskan tenaga honorer.

Warga tersebut berinisial HB (46), asal Dusun Sungai Ipuh, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Dia resmi ditahan Senin (22/2) setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Sat Reskrim Polres Bungo.

Tersangka dilaporkan oleh Nofriardi (32) mengaku sebagai korban. Nofriardi adalah warga Ranah Betung RT 04 RW 02 Kelurahan Pauh Agung, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Dalam laporannya korban mengaku bahwa pada tanggal 25 Agustus 2014 ia bersama seorang saksi pergi kerumah tersangka HB untuk pengurus adiknya berinisial N (18) seorang mahasiswi asal Dusun Pauh Agung.

Kedatangan mereka adalah untuk diangkat sebagai tenaga honorer di salah satu Dinas di Bungo. Kala itu tersangka HB mengaku sanggup, tetapi harus ada uang pelicin. Dalam laporannya uang pelicin yang diminta HB sebanyak Rp 15 juta. Korban tak keberatan dan menyerahkan uang yang diminta tersebut.

Namun setelah uang diberikan hingga saat ini adik korban tak kunjung diangkat sebagai tenaga honorer diinstansi tersebut. Tak terima akhirnya melaporkan kejadian itu ke Mapolres Bungo untuk ditindak lanjuti. Menerima laporan itu, penyidik Sat Reskrim Polres Bungo memeriksa sejumlah saksi, setelah itu penyidik memanggil tersangka HB untuk diperiksa.

Karena hanya dipanggil sebagai saksi, HB akhirnya menemui penyidik dan menjalani pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan penyidik menetapkan BH sebagai tersangka. Kasat Reskrim Polres Bungo, AKP Ardi Kurniawan mengungkapkan bahwa penetapan HB sebagai tersangka itu berdasarkan LP/B-62 / II /2016 / Jambi / Res Bungo tanggal 05 Februari 2016 tentang tindak penipuan. “Benar bahwa telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Sat Reskrim Polres Bungo seorang laki-laki diduga sebagai pelaku penipuan berikut barang buktinya,” ungkap Ardi. Diceritakan Ardi, kejadian itu dilaporkan oleh korban Nofriardi (32) warga Ranah Betung RT 04 RW 02 Kelurahan Pauh Agung, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Dalam laporannya korban mengaku bahwa pada tanggal 25 Agustus 2014 ia bersama saksi pergi ke rumah tersangka HB untuk pengurusan adiknya berinisial N (18) seorang mahasiswi asal Dusun Aauh Agung. “Kronologis penangkapan terlapor ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik,” ungkap Ardi.

Untuk barang bukti (BB) yang berhasil disita adalah satu lembar kwitansi bertulisan ” terimakasih kepada orang yang memberi kerja honorer dikantor Bungo sejumlah Rp 15 juta”. “Tersangka saat ini dilakukan penahanan di Mapolres Bungo untuk penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Ardi. (run)

Sumber : http://www.indopos.co.id/2016/02/atas-laporan-warga-polisi-tahan-calo-honorer.html

Foto: ilustrasi

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>