Headlines News :
Home » , » Disinilah Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Dimulai

Disinilah Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia Dimulai

Written By Admin on Rabu, 27 Januari 2016 | 14.20

Semakin ke timur Indonesia, puncak gerhana total terjadi semakin lama.

Dream - Berbagai pihak telah bersiap menyambut fenomena langka, Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret mendatang. Selain potensi pariwisata, Kepala LAPAN, Thomas Jamaludin mengungkapkan pentingnya proses pembelajaran dan penelitian dalam peristiwa besar tersebut.

GMT sendiri akan terjadi lebih awal di wilayah barat Indonesia. Hal ini menuai banyak pertanyaan, karena lazimnya matahari terbit dari ufuk timur. Menggunakan kata matahari memang membuat masih ada masyarakat keliru dengan fenomena alam ini.

Sebagian masyarakat Indonesia juga sering mengaitkan GMT dengan mitos Buto Ijo. Mereka menganggap Buto Ijo datang dari sebelah barat dan perlahan memakan bulan sehingga terjadilah gerhana.

Mematahkan mitos tersebut, Thomas pun menjelaskan alasan ilmiah mengapa gerhana terjadi lebih awal di wilayah barat Indonesia.

Pada saat pagi terjadi GMT, bulan akan bergeser menghalangi cahaya matahari. Pergerakan bulan dalam mengitari matahari terjadi dari arah barat menuju timur sehingga GMT akan terjadi dari arah barat hingga ke lautan Hindia. Lalu melintasi 12 provinsi yang berada di wilayah Indonesia dan kemudian berakhir di Samudra Pasifik.

"Di sini terjadi paling pagi di Pulau Pagai. Lebar jangkauan gerhana 100-120 kilometer. Puncak gerhana di wilayah barat pada pukul 7.20 sekitar 1,5-2 menit. Lalu bagian tengah pukul 8.35 WITA selama 2 menit. Sedangkan wilayah timur jam 9.50 WIT sekitar 2-3 menit," jelas Thomas di Hotel Sari Pan Pasific pada Senin, 25 Januari 2016.

Pulau Pagai adalah salah satu daerah di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Thomas menambahkan, semakin ke timur puncak gerhana total memang terjadi semakin lama. Diperkirakan di daerah Maluku Utara mencapai 3 menit 17 detik.

"Di tempat yang mengalami GMT, matahari yang sudah mulai meninggi akan tertutup piringan bulan dari mulai atas hingga tertutup sempurna. Saat itu akan muncul korona, nah pada saat inilah momen yang paling ditunggu-tunggu pemburu gerhana," tegas Thomas.

Sumber: http://m.dream.co.id/travel/news/gerhana-matahari-total-2016-akan-dimulai-dari-wilayah-ini-160125f.html

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>