Headlines News :
Home » , , » KPU Tampilkan C1 di Website

KPU Tampilkan C1 di Website

Written By Admin on Sabtu, 12 Desember 2015 | 16.32

MUARA BUNGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bungo telah mempublikasikan hasil rekap C1, se-Kabupaten Bungo, di website resminya yakni, pilkada 2015.kpu.go.id.

Hal ini dilakukan untuk membuka akses informasi ke ruang publik, terkait hasil perhitungan suara pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan cepat.

Komisisoner KPU Bungo M. Bisri devisi logistic dan keuangan mengugkapkan, pada Pemilukada kali ini, pihaknya tidak hanya mempublikasi formulir C1, tapi juga formulir DAA dan DA1, agar seluruh dokumen penghitungan suara ditingkat TPS, kecamatan, dan kabupaten, terekam dalam data digital.

Dijelaskan nya lagi, secara internal upload data C1 menjadi bahan dasar KPU mengontrol dan mengevaluasi hasil kerja KPPS, serta bagi pihak ekternal khususnya Panwaslu dan saksi pasangan calon. Sehingga perbaikan terhadap dokumen hasil Pemilukada terutama bagaimana menjaga keaslian suara rakyat dalam Pemilukada Bungo dapat terjamin.

Selain itu, hasil upload C1 hanya sementara. Hasil resmi dan final adalah yang direkap secara manual dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. ”Kita berharap hasil Pemilukada jauh dari manipulasi dan rekayasa karena itu yang menjadi harapan dan impian kita bersama,” tandas M. Bisri

Ia menambahkan, menampilkan C1 melalui website KPU bukanlah hal baru. Hal serupa juga dilakukan KPU pada waktu pemilihan pilpres dan pileg, dan mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai pihak.

”Jika pilpres dan pileg lalu kita mampu mengumpulkan formulir C1 sebesar 100 persen dalam lima hari, maka pada Pemilukada kali ini, KPU Bungo menargetkan tiga hari data rekap C1 sudah bisa masuk ke portal KPU untuk dipublikasikan ke publik,” katanya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan melakukan pemetaan terhadap masalah dan kendala geografis yang selama ini dikeluhkan PPK dan PPS. ”Supaya kita bisa menghitung dengan baik jarak dan waktu tempuh serta menyelesaikan persoalan teknis di tingkat lapangan, jadi harus ada solusi terhadap semua persoalan,” tutup M. Bisri.

(cr5)

Sumber: http://www.buteekspres.com/berita/detail/3466/kpu-tampilkan-c1-di-website/#.VmvpFmYxdoM

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>