Headlines News :
Home » , , » Gugat ke MK, Kandidat Diberi Waktu 4 Hari

Gugat ke MK, Kandidat Diberi Waktu 4 Hari

Written By Admin on Senin, 14 Desember 2015 | 00.11

Jika Mulus, 22 Desember KPU Umumkan Bupati Terpilih

MUARA BUNGO - Penghitungan surat suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Bungo untuk Pilgub Jambi dan Pilbup Bungo belum semuanya rampung. Hingga saat ini proses pleno PPK di beberapa kecamatan masih terus dilakukan hingga menjelang 15 desember mendatang.

Dailami, ketua KPUD Bungo saat dikonfirmasi koran ini per teleponnya mengatakan, tahapan pleno PPK di Kabupaten Bungo digelar sejak tanggal 10-15 desember dan nantinya dilanjut ke Pleno KPUD dari tanggal 16-17 desember.

“Kalau untuk pleno PPK masih berlangsung, hingga saat ini masih ada sebagian kecil yang belum selesai, kemungkinan besok (hari ini, red) sudah rampung semua dan bisa dilanjut pleno KPUD,” terang Dailami.

Disampaikannya, penetapan pleno KPUD yang di gelar tanggal 16 -17 desember mendatang bakal dilaksanakan di hotel swarna bumi. Sesuai aturan, KPU memberikan kesempatan kepada kandidat yang tidak menerima hasil pleno tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Setelah dilakukan pleno oleh KPUD, diberi kesempatan kepada kandidat untuk melakukan gugatan keputusan KPUD ke Mahkamah Konstitusi selama empat hari terhitung sejak tanggal 18-21 desember, jika memang tidak ada gugatan maka tanggal 22 desember mendatang kami akan menggumumkan siapa Bupati terpilih,” jelasnya lagi.

Seandainya ada yang salah satu kandidat menggugat ke MK lanjut Dailami, kemungkinan pengumuman siapa kepala daerah terpilih akan molor lebih dari satu bulan dari jadwal penetapan semula.

“Sesuai tahapan PKPU No.2 , jika memang ada sengketa (gugatan, red) paling lambat tanggal 12 febuari kita umumkan siapa bupati terpilih dan semua permasalahan selesai, tapi tetap kita lihat situasinya nanti bagaimana,” tandasnya.

Lalu bagaimana dengan angka warga yang tidak memilih alias golput dalam Pilkada tahun ini? Dailami mengatakan, bahwa angka golput tahun ini cukup tinggi, namun untuk angka pasti belum diketahuinya. “Kalau perbandingannya saya dak hafal dindo, harus buka komputer lagi, nanti lah tunggu tanggal 16 setelah hasil pleno kita tetapkan,” tandasnya.

(ira)

Sumber: http://www.buteekspres.com/berita/detail/3483/gugat-ke-mk-kandidat-diberi-waktu-4-hari/#.Vm2lZWYxdoM

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>