Headlines News :
Home » , » Ribuan Warga Bungo Terancam Tak Bisa Nyoblos

Ribuan Warga Bungo Terancam Tak Bisa Nyoblos

Written By Admin on Sabtu, 07 November 2015 | 18.29

MENARAnews, Jambi - Ribuan suara terancam hilang dalam Pilbup 9 Desember mendatang. Pasalnya, surat suara yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bungo diprediksi belum bisa memenuhi jumlah pemilih yang akan menentukan, siapa Kepala Daerah untuk periode 2016 - 2021 mendatang.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, sekitar 18 ribu warga, belum terdaftar sebagai pemilih dalam pesta demokrasi yang tinggal puluhan hari lagi. Hal ini diungkapkan langsung oleh Al-Mahfud, Ketua komisi I DPRD Kabupaten Bungo, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, persoalan yang paling mendasar adalah persiapan kertas suara cadangan yang dicetak oleh KPU hanya 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diplenokan beberapa waktu lalu.

"Surat suara cadangan yang dicetakkan hanya 2,5 persen dari DPT, jika melihat itu, akan banyak warga yang tidak bisa nyoblos karena surat cadangan terbatas," terangnya.

Ketika ditanya apakah benar masih ada belasan ribu warga yang belum terdaftar sebagai pemilih? Lantas dimana domisili mereka? Mahfud menjawab, data-data tersebut berdasarkan hasil pengaduan yang masuk ke DPRD Bungo. Sementara domisili mereka tersebar disemua penjuru di Bungo.

"Surat suara itu dicetak berdasarkan DPT, jadi warga yang masuk lewat DPTb-1 ataupun DPTb-II nantinya akan menggunakan surat suara cadangan, jadi kita berharap persoalan ini bisa disikapi oleh pihak penyelenggara," tuturnya pula.

Sementara itu, pihak KPU Bungo ketika dikonfirmasi tidak membantah jika kertas suara cadangan hanya 2,5 persen dari jumlah DPT. Meskipun demikian pihak KPU mempertanyakan darimana sumber adanya belasan ribu warga yang belum terdata tersebut.

"Jika surat suara itu memang benar, namun darimana datangnya belasan ribu suara yang belum terdaftar sebagai pemilih itu," tukas Bisry, Komisioner KPUD Bungo. (GWA)

Sumber : http://www.menaranews.com/regional/23-sumatera/12512-ribuan-warga-bungo-terancam-tak-bisa-nyoblos

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>