Headlines News :
Home » , » Tiga perusahaan asing disidik kasus pembakaran hutan

Tiga perusahaan asing disidik kasus pembakaran hutan

Written By Admin on Jumat, 30 Oktober 2015 | 06.43

Jambi (ANTARA Jambi) - Penyidik Kepolisian Daerah Jambi sedang menyidik tiga perusahaan asing yang diduga  melakukan tindak pidana pembakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi ini.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi melalui Kasi Kasubbid Penmas, Kompol Wirmanto, di Jambi Kamis, mengatakan, saat ini penyidik di tiga Polres sedang melakukan penyelidikan kasus karhutla yang dilakukan korporasi atau perusahaan perkebunan milik pemodal asing yang ada disana.

Awalnya ada dua kasus perusahaan asing yang disidik Kepolisian Jambi kasus Karhutla yakni yang lahannya terbakar adalah PT Permata Alam Hijau (PAH) yang ditangani di Polres Tebo dan PT Asiatic Persada (AP) di Kabupaten Batanghari yang diproses oleh Polres Batanghari.

Kemudian belakangan ini ada tambah satu perusahaan perkebunan milik pemodal asing yang di Jambi yang sedang disidiki oleh Polres Bungo yakni PT Mugi Triman Internasional (MTI).

"Sehingga dengan demikian di Jambi ada tiga perusahaan perkebunan milik atau pemodal asing yang sedang disidiki kasus karhutla oleh kepolisian setempat dan saat ini kasusnya masih terus berjalan dan berproses," kata Wirmanto.

Sementara itu sebelumnya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung di Jambi, mengatakan berjanji menindak tegas siapa pun perusahaan perkebunan termasuk perusahaan pemodal asing yang terbukti bersalah melakukan pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

"Saya pastikan pemerintah maupun kepolisian akan mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan perkebunan milik atau pemodal asing yang bersalah melakukan pembakaran hutan dan lahan," kata Luhut Binsar Pandjaitan usai menggelar rapat koordinasi penanganan asap bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga terkait di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Selasa lalu (27/10).

Pemerintah akan minta pihak terkait termasuk Polri untuk tidak tebang pilih kasus termasuk terhadap perusahaan asing yang jika bersalah dalam kasus Karhutla ini dapat ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. (Ant)

Sumber : http://m.antarajambi.com/berita/309030/tiga-perusahaan-asing-disidik-kasus-pembakaran-hutan

Foto : antarajambi.com

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>