Headlines News :
Home » , » Presiden Jokowi Akan Tetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional

Presiden Jokowi Akan Tetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional

Written By Admin on Rabu, 14 Oktober 2015 | 14.10

Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Tetapi penetapan resmi mengenai hal ini akan dijelaskan dalam Keputusan Presiden.

"Akan dinyatakan menunggu Keppresnya, tidak libur dan pada tanggal 22 Oktober kemungkinan ada acara yang cukup besar di Jakarta," kata Seskab Pramono Anung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2015).

Pramono menjelaskan bahwa sudah banyak masukan yang dijadikan pertimbangan dalam penetapan Hari Santri Nasional. Salah satunya adalah masukan dari para ormas Islam.

"Karena masukan dari ormas Islam, kemudian Kemenko PMK, Kementerian Agama, Kemensos mereka semua berpandangan bahwa diberikan apresiasi bagi para santri. Apalagi Presiden telah berikan pernyataan secara terbuka," imbuh Pramono.

Pramono belum bisa memastikan mengenai kehadiran Jokowi pada acara penetapan Hari Santri Nasional. Kebetulan pada tanggal 22 Oktober mendatang Jokowi akan memerima kedatangan Ratu Denmark.

"Nanti akan diatur lagi jadwalnya," ujar Pramono.

Mengenai Hari Santri Nasional sendiri sebenarnya memang merupakan salah satu janji kampanye Jokowi-JK saat Pilpres 2014. Tanggal 22 Oktober tahun lalu, usia pemerintahan Jokowi baru berjalan dua hari sehingga tidak mungkin langsung menerbitkan Keppres.

Kemudian terkait pemilihan tanggal 22 Oktober disebut oleh Ketum PBNU Said Aqil Siroj karena pernah ada peristiwa penting di masa lalu. Ketika zaman mempertahankan kemerdekaan, terbit fatwa jihad bagi para santri di tanggal tersebut.

"Pada tanggal tersebut keluar fatwa resolusi jihad Hadratussyaikh Hasyim Asyari di mana membela tanah air hukumnya fardlu 'ain dan yang membantu Belanda jadi kafir," kata Said lewat keterangan tertulis, Rabu (7/10).

(bpn/Hbb)

Sumber : http://m.detik.com/news/berita/3043709/presiden-jokowi-akan-tetapkan-22-oktober-sebagai-hari-santri-nasional

Foto : detik.com

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>