Headlines News :
Home » , » Peminat PETI Harus Bayar Dulu

Peminat PETI Harus Bayar Dulu

Written By Admin on Selasa, 27 Oktober 2015 | 06.54

5 Juta untuk Daftar Awal, Bulanan 500 Ribu

MUARA BUNGO - Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Teluk Pandak, kecamatan Tanah Sepenggal Lintas kian hari makin marak. Bahkan, setelah ditertibkan, PETI di daerah tersebut makin marak. Bahkan jauh lebih banyak sebelum ditertibkan.

Erpiluadar, rio (kepala desa, red) Teluk Pandak, kepada wartawan mengungkapkan hal tersebut. “Saat ini tercatat 45 rakit dompeng yang beroperasi disepanjang sungai Teluk Pandak, padahal sebelum razia beberapa minggu lalu hanya 20 rakit yang beroperasi,” ungkap Erpiluadar, kemarin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, maraknya aktifitas illegal di daerahnya itu karena pelaku merasa aman dan merasa terjaga. “Coba lihat waktu razia beberapa waktu lalu, satu hari sebelum razia dilakukan mesin dompeng sudah dievakuasi, hanya rakitnya saja yang di tinggal. Pasalnya,
para pendompeng sudah dijaga oleh para centengnya,” bebernya.

“Untuk buka pendaftaran perakit PETI seharga Rp 3-5 juta untuk uang keamanan. Kalau orang luar daerah Rp 5 juta sedangkan warga setempat Rp 3 juta, kemudian mereka setor uang keamanan Rp 500 perbulan," paparnya lagi.

Dijelaskannya, bahwa di Teluk Pandak ada 15 centeng yang menjaga aktifitas PETI. Dan mereka rata-rata pemuda setempat. “Kalau maraknya PETI sejak febuari lalu. Saya sudah sosialisasikan di kantor camat dan mendatangi mereka, namun pada waktu itu mereka meminta waktu hingga 25 juli untuk menertibkan dompeng-dompeng yang ada,” katanya pula.

Saat ditanya, mengapa dirinya selaku pejabat daerah yang menggambil tindakan tegas seperti memberikan hukum adat kepada para pelaku PETI, Erpiluadar  mengaku tidak ingin mengambil resiko yang tinggi.

“Sebelumnya pelaku PETI pernah membuat perjanjian dengan saya selaku Rio. Isi perjanjiannya siap dihukum adat maupun nasional, namun perjanjian tidak ditepati, bahkan mereka mengancam akan membakar rumah serta kebun saya jika mengusir mereka,” tandasnya.

(ira)

Sumber : http://buteekspres.com/berita/detail/2764/peminat-peti-harus-bayar-dulu/#.Vi66_GYxdoN

Foto : ilustrasi

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>