Headlines News :
Home » , » Kemajuan Bungo Jadi Kado Ulang Tahun Emas

Kemajuan Bungo Jadi Kado Ulang Tahun Emas

Written By Admin on Senin, 19 Oktober 2015 | 21.10

KABUPATEN Bungo yang lahir tepat pada 19 otober 1965 lalu, hari ini genap berusia 50 Tahun. Bupati Bungo, H. Sudirman Zaini, SH, MH, mempersembahkan hadiah yang berbeda dan sangat membanggakan bagi masyarakatnya.

Meski peringatan hari jadi kabupaten Bungo dilakukan secara sederhana, namun hadiah yang dipersembahkan H. Sudirman Zaini ini sungguh luar biasa. Tidak lain adalah berupa hasil-hasil pembangunan yang dilakukannya selama kurang lebih lima tahun selama memimpin kabupaten Bungo.

“Di usia ke-50 sering pula kita sebut Ulang Tahun Emas ini kita peringati dengan cara sederhana namun tetap meriah. Yang terpenting dari itu semuaadalah hasil pembangunan yang bisa dinikmati oleh masyarakat,” ungkap H. Sudirman, Minggu (18/10).

Bupati juga mengatakan, hasil-hasil tersebut dapat diarih berkat kerja keras pemkab Bungo bersama dengan DPRD selama ini. Sehingga dapat menempatkan target pekerjaan dengan skala prioritas, serta tetap mengedapankan fungsi pelayanan publik kabupaten Bungo.

Sebagai output dari itu semua lanjut H. Sudirman, adalah berbagai program pembangunan yang dapat terlaksana dengan baik. Ia juga tidak menafik bahwa keberhasilan itu adalah juga berkat dukungan masyarakat Kabupaten Bungo.

Orang nomor satu di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun ini mengakatakan jika bicara prestasi, tergambar jelas dari pertumbuhan drastis APBD Bungo. Pada 2011 lalu, APBD hanya berjumlah Rp 744,99. Selang empat tahun, meningkat drastis menjadi Rp 1,2 triliun pada tahun 2015.

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan buah dari upaya peningkatan pendapatan daerah. Juga sebagai hasil dari koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jambi. Dimana beberapa kegiatan pembangunan mendapat pembiayaan dari pemerintah pusat.

Diantaranya menurut bupati seperti pengembangan Bandara Muara Bungo dan pengadaan alat-alat kesehatan. “Kalau kita yang tidak pro aktif untuk mendapatkan dana dari pemerintah pusat, kita akan sulit membangun daerah yang sebesar ini dan kekuatan keuangan yang terbatas,” ucap bupati lagi.

Bukti riil kerja pemerintah juga terlihat dari angka pertumbuhan ekonomi. Dimana pada 2014 angka pertumbuhan ekonomi mencapai 7,60persen. Lebih tinggi dibanding tahun 2013 yang 7,48 persen. Serta lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi nasional, 5,02 persen.

Pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) yang kini telah ditempati oleh para pedagang adalah faktor lainnya yang tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan Pemda Bungo dalam membangun fasilat umum yang baik bagi masyakarakatnya.

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat terjadinya peningkatan pendapatan per kapita masyarakat di Kabupaten Bungo. Dari Rp 15,3 juta pada 2011, menjadi Rp 20,75 juta pada 2014. “Ini menunjukkan bahwa pembangunan yang kita laksanakan berada pada jalur yang benar,” tandasnya.

Pemkab Bungo juga melakukan upaya maksimal dalam hal peningkatan sarana jalan dan jembatan. Dimana saat ini jalan aspal sudah terbentang sepanjang 514,65 km. didukung jalan kerikil 131,27 km, 183 unit jembatan, dan 32 unit jembatan gantung.

Transportasi udara juga terus ditingkatkan. Setelah diuji coba landasan pada 18 Desember 2012, Pemkab Bungo fokus melakukan penambahan panjang landasan pacu (runway). Pada 2015 ini dilakukan penambahan 200 meter, sehingga total panjang landasan pacu saat ini sudah 1.800 meter. Sehingga beberapa maskavai sudah menyatakan ketertarikannya.

“Kita juga sudah lakukan bedah rumah sebanyak 1.479 rumah. Ditambah 441 rumah melalui program dari pusat pada 2015 ini. Lalu soal listrik, saat ini sudah menerangi 97,37 persen wilayah Bungo,” tambah bupati lagi.

Catatan sangat penting lainnya adalah efektifitas Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM). Dengan dana Rp 100 juta/tahun/dusun, hasil nyatanya sudah terlihat. Yakni 94,81 km rabat beton, drainase 67,73 km, perkerasan jalan 51,86 km, rehab tujuh jembatan gantung, bangun 58 madrasah, bangun 23 posyandu, dan bangun 25 PAUD.

Sumber : http://www.buteekspres.com/berita/detail/2652/kemajuan-bungo-jadi-kado-ulang-tahun-emas/#.ViT4S2YxdoM

Keterangan foto : PERESMIAN: Bupati mendampingi ketua TP PKK Bungo memotong pita tanda peresmian pasar tradisional modern Bungo (foto : buteekspres.com )

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>