Headlines News :
Home » , » Dinkes Akan Bina Pengusaha Depot Air

Dinkes Akan Bina Pengusaha Depot Air

Written By Admin on Selasa, 06 Oktober 2015 | 08.16

Ilustrasi - foto:google.com
MUARA BUNGO - Banyak usaha depot air minum di kabupaten Bungo yang tidak melakukan pengujian kelayakan air secara berkala atau melakukan uji lab. Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Bungo pun akan mengambil langkah untuk melakukan pertemuan dengan pemilik usaha air siap konsumsi itu.
Kepada harian ini, kepala Dinkes Bungo, dr. Nurfa Usdiaty mengungkapkan, pemanggilan terhadap pengusaha depot air galonan itu akan dilakukan dalam waktu dekat. “Kita sudah wacanakan pemanggilan seluruh pemilik depot air di Bungo,” ujar dr. Nurfa Usdiaty, Senin (5/10) yang mengaku belum menetapkan tanggal pastinya.
Lanjutnya, dalam pertemuan nanti, pihaknya akan memberikan pemahaman kepada pemilik tentnag pentingnya pemeriksaan air secara berkala dan uji lab air yang didistribusikan kepada pelanggan-pelanggan.
“Nanti kita kumpulkan melalui asosinya. Kita sosialisasikan tentang pentingnya pengujian lab air yang disampaikan kepada masyarakat itu agar tidak menimbulkan persoalan bagi kesehatan pengkonsumsi,” ungkapnya lagi.
Kata Nurfa, pengecekan itu dilakukan untuk mengetahui apakah air yang keluar dari depot itu benar-benar sudah higienis serta tidak ada kandungan zat yang bisa menyebabkan pengkonsumsi menderita penyakit.
“Kita periksa secara kimia, apakah ada logam-logam berat atau tidak.  Lalu melalui bakteriologisnya, apakah mengadung kuman atau tidak. Airnya darimana, cara prosesnya bagaimana. Ini lah nanti kita sisialisasikan kepada pengusaha depot air minum,” papar dia lagi.
Disamping pemilik, dinkes juga akan mengumpulkan teknisi yang biasa membersihkan peralatan depot air untuk diberikan pengetahuan tentang tata cara dan apa saja yang harus dilakukan agar air yang disuling itu menjadi benar-benar layak konsumsi.
“Ini sangat penting. Karena yang membuat depot itu beroperasi seperti apa dan sebaik apa hasilnya adalah operator. Makanya kita juga lakukan pemanggilan,” ucapnya.
Sebelumnya, pihak UPTD Laboratorium Dinkes Bungo mengungkapkan bahwa, dari 500 unit lebih depot air minum di kabupaten Bungo saat ini, baru hanya sekitar 200 an dinataranya saja yang rutin melakukan uji lab kebersihan air. Pihak dinkes pun meragukan kwalitas air yang dikeluarkan oleh banyak depot air minum.
(tan)
 
Sumber: http://buteekspres.com/berita/detail/2490/dinkes-akan-bina-pengusaha-depot-air/#.VhMgIysaCKE
 
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Usaha yang bagus dari pemerintah ...
Terimakasih informasinya yah

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>