Headlines News :
Home » , , » Pelaku PETI Berjanji Patuhi Pemda

Pelaku PETI Berjanji Patuhi Pemda

Written By Admin on Rabu, 05 Agustus 2015 | 07.51

MEMBAKAR: Petugas membakar rakit Dompeng yang beraktifitas di Sungai Batang Jujuhan. Foto buteekspres.com
MUARA BUNGO- Mendengar akan dilakukan penertiban PETI dengan memusnahakan rakit dompeng dengan cara membakar oleh tim gabungan, pemilik rakit dompeng yang berada di aliran sungai Batang Tebo, dusun Teluk Pandak dan Empelu menyatakan akan berhenti sendiri.
Pernyataan itu bukan hanya di lisan saja, tapi juga dalam bentuk tulisan yang ditandatangani perwakilan pelaku PETI yang beraktifitas di dusun tersebut.
Hal ini diungkapakan Suryawani, Kabag Adm. Sumber Daya Manusia (ADM) kepada harian ini diruang kerjannya, Selasa (04/8).

Diakuinya, pihak SDA dan tim akan melakukan razia PETI di sepanjang sungai Batang Tebo, kecamatan Tanah Sepenggal yang dilakukan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri setalah mendengar ada laporan dari masyarakat setempat.

“Di lokasi itu tim pernah melakukan razia, sekitar ditemukan sekitar 50 lebih rakit dompeng. Tak lama kemudian ada laporan dari masyarakat ada lagi yang beroperasi, rencananya seminggu setelah lebaran kita akan lakukan razia di beberapa dusun di kecamatan Tanah Sepenggal. Mereka meminta jangan di razia, tapi akan berhenti sendiri,” ungkap Suryawani.

Agar para pelaku PETI mengetahui dampak dari aktifitas dompeng, tim memberikan pandangan dan pemahaman dengan menggelar sosialisasi.

“Kami telah mensosialsisasaikan kepada mereka dampak dari kegiatan PETI, setelah itu mereka menyatkan untuk tidak melakukan aktifitas itu lagi,” katannya.
Disinggung mengenai pelanggaran yang telah disepakati, ia menjawab akan ditindak tegas dengan memusnahkan rakit dompeng dengan cara dibakar. “Tentu kita akan bertindak untuk melakukan razia, sesuai dengan peraturan dan perjanjian yang telah dibuat,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada tiga point pernyataan janji secara tertulis dalam berita acara yang dibuat oleh pelaku PETI yang dirahasiakan namanya itu, yakni akan menghentikan aktifitas PETI yang berlokasi di aliran sungai Batang Tebo terhitung dari tanggal 25 Tahun 2015.

Poin dua adalah, jika kembali melakukan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) sejak tanggal diatas, kami bersedia ditindak menurut aturan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Yang terahir adalah jika didalam penindakan nanti, terdapat pelaku PETI yang berhasil ditindak, kami masyarakat tidak akan berbuat hal-hal yang tidak diinginkan terhadap tim penanggulangan PETI, serta mendukung semua upaya hukum yang dilakukan tim penanggulangan PETI.

(tan)

Sumber: http://buteekspres.com/berita/detail/1640/pelaku-peti-berjanji-patuhi-pemda/#.VcFcr8XDgbs
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>