Headlines News :
Home » » Pedagang Keluhkan Pasar Tumpah

Pedagang Keluhkan Pasar Tumpah

Written By Admin on Minggu, 05 Juli 2015 | 21.07

Jalan di Pasar Bungo Juga Macet

MUARA BUNGO –  Pedangang pakaian dan lainnya yang membuka usahanya di toko maupun los di pasar bawah Muara Bungo mengeluhkan kehadiran pasar tumpah.

Keberadaan pasar dadakan selama bulan puasa itu menurut pedagang yang sudah bertahun berjualan di toko-toko, membuat dagangan mereka sepi karena pembeli banyak memilih pasar tumpah.

Anto, salah seorang pedangang sepatu yang berlokasi tak jauh dari pasar tumpah, kepada harian ini mengungkapkan, semenjak pasar tumpah itu beroperasi tiap malam selama bulan puasa, tokonya sepi dari pembeli.

“Saya juga tidak tahu kenapa banyak pembeli memilih pasar tumpah. Mungkin karena harga jual barangnya jauh lebih murah dari barang yang toko,” cetus Anto, kemarin (5/7).

Padahal menurut Anto, ia bersama pedagang lainnya merupakan pedagang yang sudah lama berjualan di lokasi tersebut. Apalagi mereka membayar sewa toko serta retribusi kepada Pemda Bungo jauh lebih besar dari pedagang di pasar tumpah.

“Kami sendiri pedagang yang menetap di pasar bawah sedangkan yang datang entah pedagang dari mana. Tentunya toko kami sepi pelanggan. Mereka (pedagang pasar tumpah, red) hanya bayar retribusi sedikit,” keluhnya.

Hal yang sama yang disampaikan oleh narasumber yang tak mau namanya disebutkan. Kehadiran pasar tumpah itu juga berdampak pada tokonya yang juga sepi peminat.

“Biasanya kalau dua minggu atau satu menggu mau lebaran, banyak yang beli, kalau sekarang sepi, orang banyak berbelanja dipasar tumpah itu,” katanya.

Saiful Acik Bilal, ketua Persatuan Pedagang Pasar Bawah (P3B) menyayangkan pengelolaan pasar tumpah yang dinilai terdapat kejanggalan.

Menurutnya pengelolaan pasar tumpah tersebut seharusnya dikelola langsung oleh pihak kecamatan. Selain itu kata dia, pengelolaan pasar tumpah belum berjalan maksimal karena masih adanya keluhan dari pedagang di sekitar pasar tersebut. “Memang banyak pedangan yang berjualan di toko mengeluhkannya,” tuturnya.

Terkait persoalan itu, Camat Pasar Muara Bungo, M. Hasbi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sebelum diadakannya pasar tumpah itu, pihaknya bersama dinas terkait telah membuat kesepakatan. Dan hal itu juga telah disetujui oleh beberapa pedagang yang berlokasi ditempat di pasar tumpah.

Sedangkan untuk  biaya retribusi pasar tumpah, dikatakannya telah diambil alih oleh Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan. “Sebenarnya sudah kita atur dari awal, itu kan tidak ada yang protes. Retribusi ke dinas pasar. Retribusi itu jelas nanti ada bukti pembayaran. Ini menyangkut pelataran kemudian sampah, lampu,” jelasnya.

(tan)

Sumber : http://buteekspres.com/berita/detail/1307/sampah-numpuk-petugas-kewalahan-/#.VZj5mmYxdoM

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>