Headlines News :
Home » , » Tahun 2016, Seleksi Masuk Universitas Berlangsung Online

Tahun 2016, Seleksi Masuk Universitas Berlangsung Online

Written By Admin on Minggu, 07 Juni 2015 | 16.12

Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan pelaksanaan Ujian Nasional Online yang dikenal dengan sebutan Ujian Nasional Computer Based Test (UNCBT) membuat sistem serupa direncanakan diterapkan pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

"Ujian online sedang kami siapkan. Insya Allah tahun depan, 2016, sudah mulai," kata Ketua Umum Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negerti (SMBPTN) Rochmat Wahab di Jakarta, Minggu (7/6). 

Ujian masuk perguruan tinggi online tak bisa diterapkan tahun ini lantaran perlu persiapan matang. "Kami khawatir kalau tahun ini mendadak. Secara hukum juga tidak boleh. Harus satu tahun setelah diberitahukan," ujar Rochmat.

Namun pelaksanaan ujian online dalam SMBPTN 2016 pun belum bisa diterapkan di seluruh wilayah karena sifatnya masih terbatas dalam tahap uji coba. 

"Nanti dilihat kesiapannya (universitas). Infrastruktur juga dilihat. Siapa yang punya infrastuktur cukup dan punya software akan dipertimbangkan (menggelar ujian masuk online)," kata Rochmat.

Kemungkinan besar universitas yang akan menjadi tempat uji coba SMBPTN online pada 2016 adalah perguruan tinggi besar yang memiliki fasilitas lebih lengkap. 

Rochmat menilai ujian online lebih efisien dan efektif karena bisa dikendalikan dengan mudah. Para peserta pun nantinya bisa melakukan tes berkali-kali jika masih belum berhasil. 

"Kalau sudah bisa (online), anak-anak peserta SMBPTN bisa tes berkali-kali. Tidak usah ramai-ramai seperti sekarang ini, melelahkan," kata Rektor Universitas Yogyakarta itu.

Dengan sistem online, materi yang diujikan bisa berbeda-beda. "Materinya berbeda, tidak akan keluar yang sama. Tapi kami belum tahu formatnya akan seperti apa," ujar Rochmat.

Untuk tahun ini, ujian SMBPTN masih dilakukan seperti biasa. Ujian dibagi menjadi dua tahap. Ujian tulis berlangsung pada 9, sedangkan untuk ujian keterampilan berlangsung 10-11 Juni. Hasil tes akan diumumkan sebulan kemudian, 9 Juli.

Sumber: http://m.cnnindonesia.com/nasional/20150607153253-20-58280/tahun-2016-seleksi-masuk-universitas-berlangsung-online/

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>