Headlines News :
Home » , » Awas, Kejahatan Jalanan di Bungo Meningkat

Awas, Kejahatan Jalanan di Bungo Meningkat

Written By Admin on Rabu, 03 Juni 2015 | 01.11

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

MUARA BUNGO, TRIBUN - Ada hal menarik terkait kondisi keamanan di Kabupaten Bungo. Yakni semakin meningkatnya aksi kejahatan jalanan. Meski tak bicara angka, namun hal ini diakui oleh pihak kepolisian. Kondisi ini sangat terkait dengan menjelang lebaran.

Hal yang tak diinginkan ini diungkap Kasat Reskrim Polres Bungo, AKP Ardi Kurniawan. "Adanya info kamtibmas. Hasil anev Sat Reskrim, tahun-tahun sebelumnya, kejahatan jalanan cendrung meningkat dalam masa menjelang lebaran," ujar Ardi, Selasa (2/6).

Ardi mengatakan motif ekonomi menjadi alasan utama kejahatan jalanan. Pada satu sisi kebutuhan hidup meningkat. Sementara sumber perekonomian tidak bergairah. Misal, ujar Ardi, adalah harga karet yang rendah. Harga karet anjlok sejak beberapa tahun terakhir.

Padahal bertani karet adalah mata pencarian utama mayoritas warga Kabupaten Bungo dan sekitarnya. "Karena itulah, kami himbau agar warga waspada dan turut serta menjaga keamanan lingkungannya. Diminta aktif menjaga keamanan dan berkordinasi dengan polisi," ujar Ardi lagi.

Diantara yang masuk kategori kejahatan jalanan dan pencurian dengan kekerasan (curas) atau rampok. Belakangan sudah terjadi beberapa kali tindak kriminal curas di Bungo.

Meski sebagian pelakunya adalah dari luar daerah. Lalu pencurian dengan pemberatan (curat) atau maling. Berikutnya pencurian kendaraan bermotor (curanmor). "Khusus curanmor, termasuk tindak kriminal paling menonjol di Bungo. Saran kami, parkir di tempat aman dan gunakan kunci ganda untuk sepeda motor," ujar Ardi lagi.

Berikutnya masalah tindak pidana penjambretan, penodongan, pencurian, dan pemerkosaan. Lalu tindak pidana penganiayaan, perampokan, pembunuhan, dan sebagainya.

Penulis: muhlisin

Editor: rahimin

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2015/06/02/awas-kejahatan-jalanan-di-bungo-meningkat

Foto: ilustrasi,  tribunjambi.com

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>