Headlines News :
Home » » April, Alami Inflasi 0,34 Persen

April, Alami Inflasi 0,34 Persen

Written By Admin on Rabu, 03 Juni 2015 | 11.16

MUARA BUNGO – Kepala BPS Kabupaten Bungo, Irna Afrianti mengungkapkan kabupaten Bungo tahun ini mengalimi inflasi 0,34 persen. Kenaikan angka tersebut dipengaruhi tingginya permintaan konsumen dengan meningkatnya Indeks Harga Konsumen (IHK) di beberapa kelompok barang dan jasa.

Dikatakannnya, jika dibandinkan rekapan pada bulan April 2015 lalu,  Kabupaten Bungo mengalami inflasi sebesar 0,09 persen. Angka tersebut masih jauh rendah dibandingkan Mei 2015.

“Saat ini kita terjadi inflansi sebesera 0,34 persen. Jauh lebih tinggi dari bulan April lalu,” kata Irna, senin (1/6).

Dijelaskannya, pada bulan Mei 2015 terjadinya inflasi terdapat pada enam kelompok barang dan jasa dikarenakan adanya kenaikan indeks kelompok bahan makanan sebesar 1,07 persen. Kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,25 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,22 persen.

Sedangkan kelompok kesehatan sebesar 1,17 persen. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,04 persen serta kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen. Deflasi pada satu kelompok barang dan jasa karena adanya penurunan indeks kelompok sandang sebesar 0,23 persen.

“Terjadinya inflasi pada kelompok bahan makanan akibat impor barang dari luar, seperti bawang dan cabai. Selain itu biaya tranportasi juga mempengaruhi inflasi pada kelompok bahan makanan,” tuturnya.

Jika dibandingkan dengan 23 kota se-Sumatera, sambungnya, kabupaten  Bungo merupakan kota inflasi terendah di bawah Lohokseumawe yang mengalami inflasi 0,37 persen. Hanya Pangkal Pinang yang mengalami deflasi yaitu sebesar -0,61 persen.

Menurut Irna ada 5 komoditas yang perlu menjadi fokus pemerintah dalam menekan laju inflasi yakni, daging ayam, daging sapi, cabe merah, bawang merah, dan beras. Selain itu BBM dan gas termasuk juga menjadi fokus yang menjadi pantauan mengenai segi distribusinya.  “Mengenai BBM dan gas kita pantau disegi ditribusinya,” tutupnya.

(tan)

Sumber: http://www.buteekspres.com/berita/detail/821/april-alami-inflasi-034-persen/#.VW5-D2YxdoM

Foto: infobungo.com

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>