Headlines News :
Home » , , » Jelang Pilkada Serentak, Banyak Survei 'Titipan'

Jelang Pilkada Serentak, Banyak Survei 'Titipan'

Written By Admin on Sabtu, 02 Mei 2015 | 16.07

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Lingkaran Survei Independen, Ahmad Fauzan mengakui survei-survei yang digelar jauh sebelum pendaftaran calon kepala daerah biasanya untuk mengetahui calon-calon potensial yang akan maju. Survei inilah yang biasanya sarat dengan kepentingan.

"Survei tersebut biasanya sarat kepentingan pembayarnya, karena dilakukan untuk tujuan politis ketimbang akdemis atau strategis," ujar Ahmad, Sabtu (2/5/2015).

Ia mencontohkan salah satu survei yang dinilai sarat kepentingan adalah survei yang dirilis LSKP di Batam baru-baru ini yang banyak dipertanyakan masyarakat.

Menurutnya jika ada lembaga survei yang mempublikasikan hasil surveinya secara massif baik melalui rilis ke media-media ataupun konferensi pers maka patut diduga lembaga tersebut adalah konsultan politik yang sedang melakukan penggiringan opini.

"Bisa saja untuk menggiring opini agar partai politik mau melamar calon atau bahkan bisa juga untuk kepentingan meyakinkan donor," katanya.

Fauzan menegaskan untuk mengetahui survei LSKP benar atau tidak, harus dilakukan kontrol secara rigid atau ketat. Dan untuk mengujinya hanya dapat dilakukan survei dengan metode yang sama.

Sebelumnya mantan Direktur Lembaga Pendidikan, Penelitian dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Rustam Ibrahim mengakui tak jarang ada lembaga survei yang "bermain" untuk membentuk opini publik. Hal ini menurutnya, biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga survei pesanan.

Disisi lain Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyatakan memang sering terjadi perdebatan terkait lembaga survei mana yang bersih dari kepentingan atau tidak.

Menurut Yunarto, manipulasi survei sering dilakukan oleh lembaga survei yang juga merangkap sebagai konsultan politik dari calon kepala daerah tertentu.[jat]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/2200907/jelang-pilkada-serentak-banyak-survei-titipan

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>