Headlines News :
Home » , » SZ Wacanakan Dirikan Pabrik Turunan Karet

SZ Wacanakan Dirikan Pabrik Turunan Karet

Written By Admin on Rabu, 01 April 2015 | 10.25

MUARA BUNGO - Mayoritas masyarakat Kabupaten Bungo berpengasilan dari perkebunan baik sawit maupun karet. Beberapa bulan terakhir ini, harga sawit maupun karet sedang mengalami penurunan yang begitu drastis. Dengan mayorita masyarakat Bungo yang mengantungkan dari hasil kebun dan sedang mengalami penurunan drastis, perekonomian otomatis melemah. Para petani karet butuh sentuhan dari pemerintah untuk kembali membuat perekonomian kembali bergairah.

Sehubungan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo tengah berupaya mencari jalan keluar untuk harga karet yang merosot ini. Jalan keluar untuk mngatasi naiknya harga karet dengan mendirikan pabrik ban di Kabupaten Bungo. Dengan begitu, hasil petani karet bisa dikembangkan di Bungo.

Hal ini dikatakan Bupati Bungo, H Sudirman Zaini (SZ) disela-sela mengunjungi masyarakat di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas belum lama ini. SZ akan mengupayakan pendirian pabrik karet di Kabupaten Bungo supaya hasil karet bisa langsung diolah. Dengan begitu, bisa kembali membuat harga bergairah.

“Harga karet masih murah, dan kita tidak bisa memastikan kapan bisa kembali stabil, karena itu jika ada pabrik ban di Bungo maka hasil petani bisa dikembangkan di Bungo,” ungkap H Sudirman Zaini.

Dijelaskan SZ, untuk bisa mendirikan pabrik ban atau pengembangan hasil petani karet di Bungo, memang tidak cukup dengan kawasan, gedung dan mesin saja. Atak tetapi membutuhkan tenaga ahli, oleh karena itu pihaknya pun harus menggandeng perusahaan yang bisa bekerjasama.

“Jika hanya masalah tempat, mesin bisa kita lakukan, namun untuk menjalankan niat itu, kita juga membutuhkan tenaga ahli yang tentu mau diajak kerjasama,” katanya kepada wartawan.

Ketika dikonfirmasi kapan niat pemda tersebut bisa direalisasikan, Sudirman Zaini mengatakan hal ini akan segera dirembuk terlebih dahulu dilakukan bersama jajaran pemkab terkait pengembangan sumberdaya tersebut.

“Nanti kita rembuk, kapan dan bagaimana teknisnya tentu membutuhkan kerja sama dengan perusahaan yang bisa mengembangkan industri di Bungo,” ujar H Sudirman Zaini.

SZ optimis jika di Kabupaten Bungo berdiri pabrik pengembangan karet, tidak hanya akan mempermudah petani dalam menjual hasil produksi pertanian karet, namun juga akan menyerap tenaga kerja di Kabupaten Bungo.

“Keuntungannya paling tidak kita bisa membeli kebutuhan ban dengan harga murah, sehingga ini bisa menguntungkan kita juga,” pungkasnya.(013)

Sumber: http://dinamikawarta.com/berita-1485-sz-wacanakan-dirikan-pabrik-turunan-karet.html

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>