Headlines News :
Home » , » Bupati Dilarang Kampanyekan Cagub

Bupati Dilarang Kampanyekan Cagub

Written By Admin on Rabu, 01 April 2015 | 10.46

JAMBIUPDATE.COM,  JAMBI – Bagi bupati/walikota yang punya jagoan di Pilgub Jambi mendatang sepertinya tidak bisa terlalu leluasa untuk menggalang kekuatan dalam memenangkan jagoannya tersebut. Pasalnya, untuk bergerak mereka terhalang dengan aturan yang telah dirancang KPU.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi mengatakan, larangan ini sebagaimana tercantum di Pasal 72 draf rancangan PKPU tentang kampanye yang telah disusun KPU RI.

Pada Ayat 1 berbunyi, pejabat negara, pejabat struktural dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri serta aparatur sipil negara lainnya dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilihan sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

“Bupati/walikota itukan pejabat Negara, artinya mereka dilarang,” kata anggota KPU Provinsi Jambi Sanusi.

Pada Ayat 2 dijelaskan, larangan sebagaimana dimaksud meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang kepada aparatur sipil negara dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Mengingat, jelang pelaksanaan Pilgub para bupati/walikota sudah ada yang secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada salah satu kandidat.

Seperti Bupati Tanjabbar, Usman Ermulan (UE) misalnya, ia telah menyatakan dukungannya ke Hasan Basri Agus (HBA). Juga Burhanuddin Mahir (BM), Cek Endra (CE) Bupati Sarolangun, termasuk Sudirman Zaini, Bupati Bungo yang juga Ketua DPC Demokrat Bungo.

Kemudian Bupati Merangin, Al Haris, ia diketahui sebagai orang dekat HBA dan tentu ia akan mendukung sang petahana tersebut. Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) yang notabene Ketua DPC Demokrat Sungaipenuh diperkirakan akan sejalan dengan dukungan Demokrat. Termasuk Adi Rozal, meski non partisan, saat Pilkada lalu Bupati Kerinci ini didukung oleh Demokrat.

Sedangkan Zumi Zola, tentu ia didukung oleh Bupati Batanghari, Sinwan yang merupakan rekan satu partainya yakni PAN. Sementara Bupati Tebo Sukandar dan Walikota Jambi Sy Fasha yang notabene kader Golkar ini belum menampakkan secara gamblang ke mana arah dukungannya. (cas)

Sumber: http://jambiupdate.com/artikel-bupati-dilarang-kampanyekan-cagub.html

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>