Headlines News :
Home » , , » Warga Bungo Diingatkan Ancaman Banjir Bandang

Warga Bungo Diingatkan Ancaman Banjir Bandang

Written By Admin on Rabu, 05 November 2014 | 19.54

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Musim penghujan ini, merupakan masa mendebarkan bagi sebagian masyarakat Bungo. November berarti bersiap-siap hadapi siklus banjir.

Seperti tahun-tahun lalu, sejak pertengahan November air sungai mulai naik. Hal itu karena musim hujan mulai masuk. Terutama di beberapa hulu sungai utama.

Kepala BPBD dan Kesbangpol Bungo, H Tommy Usman, mengatakan 'giliran' banjir mulai bergerak mendekat ke Bungo. Indikasinya adalah di kabupaten tetangga, Dharmasraya, yang sudah mulai kena banjir.

"Ya, nampaknya mulai bergerak ke daerah kita. Bisa jadi pertengahan bulan (November) sudah banjir. Tahun lalu juga seperti itu. Kita mesti siap-siap," ujar Tommy, Selasa (4/11).

Seperti biasa, Tommy mengatakan ada tiga sungai utama yang sangat rawan banjir. Yakni Sungai Batang Pelepat, Batang Bungo, dan terakhir Batang Tebo.

Masalahnya, ada puluhan dusun yang berada di pinggiran tiga sungai ini. Batang Pelepat misalnya. Mulai dari Dusun Batu Kerbau, Senamat, Dusun Danau, dan berujung di Babeko.

Begitu juga Sungai Batang Bungo. Ada beberapa dusun yang sangat rawan banjir di pinggiran sungai ini. Mulai dari Dusun Sangi, Rantau Pandan, Bedaro, Dusun Baru Pusat Jalo. Terakhir di Kelurahan Sungai Pinang, Jaya Setia, dan juga berakhir di Babeko.

Lalu terakhir adalah Sungai Batang Tebo. Sepanjang bibir sungai ini juga tak sedikit dusun rawan banjir. Mulai dari Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Pelayang, Tanah Tumbuh, Bathin III, dan Bungo Dani.

"Mengingat musim hujan telah datang. Kita minta masyarakat untuk selalu waspada terhadap banjir. Kami juga surati seluruh Rio untuk mengingatkan," ujar Tommy lagi.

Berkaca pada banjir tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa karakter yang berbeda. Seperti Dusun Baru Pusat Jalo, banjir bandang dan dalam hitungan jam sudah menyusut. Beda lagi dengan Jaya Setia, Tanjung Menanti, dan Sungai Buluh. Banjir bisa terjadi dua minggu hingga satu bulan secara terus menerus.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/11/05/warga-bungo-diingatkan-ancaman-banjir-bandang?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

Share this post :

+ komentar + 1 komentar

6 November 2014 13.07

ayo siaga banjir, btw templatenya mirip punya detik.com

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>