Headlines News :
Home » , , , » Rel Kereta Api Siap Bedah TNKS

Rel Kereta Api Siap Bedah TNKS

Written By Admin on Minggu, 09 November 2014 | 07.06

Pemkab Kerinci sepertinya tidak putus asa dalam upaya membuka jalur transportasi yang membedah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Pasalnya, peluang untuk membuka jalur transportasi jalan darat dari Desa Sungai Kuning ke Desa Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo tidak kunjung disetujui TNKS. Kini, upaya untuk membuka akses transportasi diupayakan melalui rel kereta api.

foto:google.com
Apalagi proposal pembangunan rel kereta api sebagai jalan evakuasi bencana telah disampaikan ke Bappenas RI. Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin mengatakan, Pemkab Kerinci berinisiatif membangun rel kereta api dari Kerinci ke Bungo dan Teluk Bayur.

Alasannya, pembangunan rel kereta api sebagai antisipasi dan meminimalisir korban bencana dalam mengangkut masyarakat Kerinci.

“Jika jalan yang kita bangun otomatis akan merusak TNKS, tapi, kereta api kawasan sekitar rel bakal aman,” ujar Zainal Abidin.

Lagian, lanjutnya, bisa dimanfaatkan warga sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang pertanian untuk dijual keluar daerah.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Jambi M. Zubaidir mengaku mendukung penuh usaha dari Pemkab Kerinci dalam membangun rel kereta api dan menjadikan transportasi kereta api sebagai alat evakuasi di dalam Kabupaten Kerinci ke depannya nanti.

Dalam mendukung usaha tersebut pihaknya akan mengoordinasikan pengajuan proposal tersebut kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar bisa mengoordinasikan dan membantu merealisasi masalah ini. "Kita akan sampaikan kepada BNPB RI, agar bisa berkoordinasi dengan Kementerian PU untuk merealisasi usulan tersebut,"jelasnya.

Peltu Kepala BPBD Kerinci Evi Rasmianto membenarkan akan adanya pengajuan proposal pembangunan rel kereta api di Kerinci, sejauh ini pihaknya selalu mendukung usaha tersebut bahkan pihaknya akan ikut memperjuangkan pembangun rel kereta api tersebut.

"Kalau terwujud, kemungkinan besar Kerinci akan mengalami perkembangan ke arah yang baik," sebutnya.(fyo/dar)

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id/index.php/headline/item/286-rel-kereta-api-siap-bedah-tnks

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>