Headlines News :
Home » , » Kesbangpol Bungo Kumpulkan Ormas OKP dan LSM

Kesbangpol Bungo Kumpulkan Ormas OKP dan LSM

Written By Admin on Selasa, 14 Oktober 2014 | 06.11

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - BPBD dan Kesbangpol Bungo jemput bola. SKPD ini melakukan pertemuan fasilitasi dan pembinaan terhadap Ormas, organisasi kepemudaan (OKP), dan LSM.

Pelaksanaan fasilitasi dan pembinaan dilakukan Senin (13/10) pagi hingga siang. Bupati Sudirman Zaini dan Dandim hadir membuka acara di Hotel Swarnabhumi ini.

Diantara pembicara adalah Asisten I,Tobroni Yusuf. Ia mengangkat topik yang cukup menarik. Yakni relasi antara pemerintah dan Ormas, OKP, serta LSM.

Dalam keseharian, ujar Tobroni, hubungan seolah hanya antara pengkritik dan yang dikritik. Namun esensinya, hubungan antara pemerintah dan ketiga elemen ini jauh lebih mendasar daripada itu.

"Pemerintah tidak anti kritik. Bahkan kritikan yang saudara-saudara sampaikan pun adalah bentuk partisipasi terhadap pembangunan daerah," ujar Tobroni.

Masukan dari pihak ketiga seperti ormas, OKP, dan LSM, ujar Tobroni, diakui diperlukan. Namun tidak melulu dalam bentuk unjuk rasa atau demonstrasi. Karena sejatinya pemerintah membuka ruang komunikasi yang lebar. Baik formal maupun komunikasi non formal.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD dan Kesbangpol, Tommy Usman, mengatakan relasi yang terjalin memang semestinya lebih sehat. Bukan hanya sekedar pemerintah dan sekelompok masyarakat yang terputus dalam komunikasi formal.

Keberadaan ormas, OKP, dan LSM, ujar Tommy, dijamin oleh UU. Karena itu, ormas, OKP, dan LSM pun harus taat dan tunduk asas terhadap UU yang menjaminnya.

"Karena itulah kita lakukan pembinaan. Penting bagi semua elemen bersinergi agar tercapai Bungo MAS 2016," ujar Tommy pula.

Pantauan Tribun di tempat acara, pihak kepolisian dan TNI juga hadir sebagai pembicara. TNI bicara soal persatuan, kesatuan, dan pertahanan negara. Sementara kepolisian mengangkap tema bagaimana tata cara menyampaikan pendapat dimuka umum sesuai aturan UU. (lis)

Penulis: muhlisin

Editor: deddy
Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/10/13/kesbangpol-bungo-kumpulkan-ormas-okp-dan-lsm

Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>