Headlines News :
Home » » Galian C di Senamat Langgar Aturan

Galian C di Senamat Langgar Aturan

Written By Admin on Kamis, 23 Oktober 2014 | 10.19

MUARA BUNGO - Aktivitas penambang galian C di wilayah Bungo tampaknya banyak menyalahi aturan. Bahkan saat ini banyak penambangan galian C yakni penambangan pasir dan batu (sirtu) menggunakan alat berat. Hal itu jelas menyalahi aturan dan merusak lingkungan sungai dan sangat meresahkan masyarakat. Padahal izin melakukan penambangan galian C menggunakan alat berat tidak dibolehkan.
Ilustrasi. Foto harian-komentar.com
Bahkan diduga pula ada yang melakukan aktivitas penambangan galian C tersebut melakukan aktivitas penambangan di area yang tidak berada dalam titik kordinat sesuai izin yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bungo.
Salah satu aktivitas penambangan galian C yang menggunakan alat berat (eksavator), yang disorot masyarakat adalah aktivitas penambangan galian C yang diduga dilakukan oleh Rana di Dusun Senamat Kecamatan Pelapat. Sorotan itu disampaikan tokoh pemuda Dusun Senamat, Tomi. Menurut pria yang juga aktivis tersebut, aktivitas penambangan galian C yang diduga dilakukan Rana tersebut jelas menyalahi aturan dan tak bisa dibiarkan.
”Penambangan dilakukan dengan alat berat. Ini sudah melanggar aturan,” ujar Tomi dengan nada tegas kepada Bungo Pos.
Dikatakan Tomi pihaknya juga mempertanyakan izin penambangan galian C tersebut. Karena sudah beberapa kali pihaknya ingin melihat izin penambangan galian C, malah pemilik selalu mengelak.
”Yang jelas dia tidak ada izin melakukan penambangan menggunakan alat berat. Selain itu, kita juga mempertanyakan izin galian C. Sebab saat kita ingin melihat izinnya dia selalu mengelak. Tapi yang jelas kita tahu dia menambangan menyalahi aturan,” tegas Tomi lagi didampingi sejumlah tokoh pemuda Dusun Senamat.
Dia mendesak Pemerintah Kabupaten Bungo dan pihak berwenang menghentikan aktivitas penambangan tersebut, karena sudah menyalahi aturan dan membuat lingkungan tercemar, akibatnya sungai keruh dan rusak.
”Kita minta pemerintah dan pihak terkait jangan hanya diam. Tolong tegakkan aturan jangan pilih kasih dan tebang pilih. Kalau tidak ada tindakan kita akan laporkan kepada DPRD dan pihak kepolisian karena ini menyalahi aturan. Kita minta ini segera dihentikan daripada masyarakat nantinya yang menertibkan. Karena dasar masyarakat kuat sebab aktivitas tambang itu menyalahi aturan,” tegasnya sembari memperlihatkan poto alat berat yang melakukan aktivitas penambangan galian C tersebut.
Sementara itu Rio Dusun Senamat Kaharudin juga minta agar pemerintah bertindak tegas terhadap aktivitas galian C menggunakan alat berat tersebut. ”Yang jelas tidak dibenarkan melakukan penambangan galian C menggunakan alat berat. Kita minta pemerintah segera menghentikan aktivitas penambangan galian C yang berada di wilayah kitaitu,” tegasnya.
Ditempat terpisah, Rana saat dikonfirmasikan mengkalaim punya izin dalam melakukan penambangan galian C di wilayah Dusun Senamat tersebut. ”Izin ada, tapi memang saya akui salah kami menambangan menggunakan alat berat. Tapi tolong juga ditertibkan di tempat lain juga banyak yang menggunakan alat berat. Jangan saya saja yang ditertibkan,” ujarnya saat dikonfirmasi Bungo Pos., induk dinamikawarta.com (rmd)
Sumber:  http://dinamikawarta.com/berita-1365-galian-c-di-senamat-langgar-aturan.html
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>