Headlines News :
Home » , , , » Dua Jalur Bakal Rampung On Schedule

Dua Jalur Bakal Rampung On Schedule

Written By Admin on Jumat, 11 Juli 2014 | 08.14

foto:dinamikawarta.com
MUARA BUNGO - Dalam menghadapi hari raya Idul Fitri, arus lalu lintas dipastikan akan meningkat dari hari biasa. Sementara itu pembangunan jalan dua jalur di Kabupaten Bungo sampai saat ini belum selesai. Secara tidak langsung hal ini dapat mengganggu aktivitas pengguna jalan raya.  Dari pantauan di lapangan, pembangunan jalan ini belum menunjukkan bakal selesai dalam waktu singkat. Untuk proses pengerasan jalan saja belum juga selesai, yang mengakibatkan perbedaan ketinggian antara jalan yang lama dan jalan yang baru. Hal ini di khawatirkan bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, arus mudik menjelang lebaran selalu padat. Dengan banyaknya kendaraaan yang lalu lalang bisa saja mengakibatkan kendaraan keluar dari jalan yang lama. Perbedaaan ketinggian antara jalan yang lam dan jalan yang baru ini sangat terasa apalagi jika jika laju kendaraan cepat.

Terkait dengan hal tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Azwir saat di konfirmasi melalui Yendra, Kabid Bina Marga menuturkan, pengerjaan jalan tersebut tidak dapat di selesaikan dengan cepat, mengingat ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

“Pengerjaan jalan ini tidak bisa di lakukan dengan cepat karena untuk proses pengerasan jalan saja ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Pekerjaan akan tepat waktu, tapi memang ada tahapannya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk memperlancar arus mudik di jalan lintas sumatera, pemerintah sudah memberlakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalan lingkar. Bus dan truk dialihkan dari jalan kota Muara Bungo untuk member kenyamanan selama masa pengerjaan jalan ini. Untuk jalan  ke arah dusun,  Dinas Pekerjaan Umum (DPU) telah mengantisipasi berbagai kemungkinan. Perbaikan jalan strategis menuju berbagai dusun untuk memperlancar arus mudik sudah mulai dilakukan. DPU mulai melakukan penimbunan dan pecing di beberapa ruas jalan strategis. Ini dilakukan selain memperlancar arus mudik juga meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Selain itu, Dinas PU juga mengatakan sudah bersiap dengan mobil crane. Yakni sejenis mobil khusus mengangkat beban berat. Crane ini disiagakan di kantor Dinas PU. Hanya diturunkan jika kendaraan yang terperosok ke kedalaman dan butuh crane untuk mengangkatnya.

“Kita fokuskan di jalan strategis. Diantaranya jalan ke arah Kuamang Kuning, Rantau Pandan, Bathin III Ulu,  Sari Mulya dan beberapa ruas jalan lainnya,” ujar Kepala Dinas PU, H.Azwir
Dikatakan Azwir, untuk pecing akan dilakukan pada kondisi jalan yang berlubang dan tidak parah. Sementara penimbunan dengan kerikil akan dilakukan pada kondisi jalan yang kategori rusak dan mengancam keselamatan.

“Ada yang kita pecing ada yang kita timbun.  Kita juga akan lihat kondisi kerusakannya. Kalau lubangnya sekitar lima cm itu belum termasuk rusak berat. Tapi kalau lobangnya sampai 10 cm itu sudah kategori rawan itu harus ditutup,” ujarnya.

Sementara untuk jalan provinsi, Azwir mengatakan sejatinya menjadi tanggung jawab pihak provinsi pula. Namun demikian, Dinas PU Bungo akan memberi support. Di beberapa titik jalan provinsi yang berlubang, Dinas PU Bungo melakukan penimbunan.

“Meskipun tanggung jawab provinsi, tapi ini kan demi keselamatan pemudik. Jadi kita timbun. Yang terpenting saat arus mudik dan arus balik, kondisi jalan tidak ada masalah,” ujar Azwir lagi.

Ia mengatakan, beberapa jenis alat berat akan disiagakan. Diantaranya loader, ekskavator, dan deret. Alat-alat berat tersebut, ia katakana, stand by  di kantor Dinas PU. Dinas PU berkordinasi dengan pihak terkait lainnya, seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan.

“Bus juga kita siapkan. Mengantisipasi kalau ada jalan yang longsor, jadi penumpangnya bisa kita bawa dulu ke lokasi yang lebih aman,” tutupnya.  (cr01)

Sumber: http://dinamikawarta.com/berita-1302-dua-jalur-bakal-rampung-on-schedule.html
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>