Headlines News :
Home » , » Bungo dan Darmasraya Sepakati Kerjasama Tanggulangi Bencana

Bungo dan Darmasraya Sepakati Kerjasama Tanggulangi Bencana

Written By Info Bungo on Selasa, 10 Juni 2014 | 08.02


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin
TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO – Kabupaten Bungo masih bermasalah dengan perbatasan. Salah satunya adalah perbatasan Bungo dan Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat. Sudah bertahun-tahun tak kunjung tuntas.
Namun demikian tak menghalangi kedua kabupaten untuk bekerjasama. Khususnya adalah kerjasama penanggulangan bencana di sepanjang daerah perbatasan. Penjajakan awal sudah dilakukan baru-baru ini.
Kepada BPBD dan Kesbangpol Linmas Bungo, Tommy Usman, mengatakan hal itu kepada Tribun. Dikatakan Tommy, Sabtu (7/6) kemarin, ia sudah bertemua dengan Asisten I dan Kepala BPBD Darmasraya.
“Saya lagi di Jakarta. Diperintah oleh Pak Bupati (Sudirman Zaini, red) untuk bicara dengan Darmasraya soal penanggulangan bencana di kawasan perbatasan,” ujar Tommy, Senin (9/6) siang.
Tommy mengatakan ia langsung menelepon Wabup Darmasraya, Syafrudin. Hari ini juga, ia ditunggu petinggi Darmasraya untuk membicarakan kerjasama tersebut. Pasalnya, Darmasraya juga menyambut usulan dengan sangat baik.
Pertimbangannya, kata Tommy, wilayah perbatasan sudah semakin ramai. Infrastruktur juga sudah semakin banyak. Pada saat bersamaan, semakin banyak warga membuka lahan. Sehingga potensi bencana kebakaran juga makin meningkat.
Potensi bencana di wilayah perbatasan adalah seluas sekitar 6.000 hektar. Bukan hanya kebakaran. Melainkan juga cukup tinggi potensi bencana banjir dan tanah longsor. Terlebih di kawasan perbatasan banyak sekali aktifitas PETI.
“Jadi konsepnya, Bungo akan tingkatkan fasilitas penanggulangan bencana di Jujuhan. Darmasraya juga akan tingkatkan di Sungai Rumbai. Jadi kedua belah pihak dalam kondisi siap,” ujarnya lagi.
Tommy mengatakan warga di perbatasan perlu melihat jauh ke belakang. Dimana warga di perbatasan berasal dari nenek moyang yang sama. Sehingga sejak dulu mereka sudah sangat terbiasa bekerjasama dalam berbagai hal.
“Kita tidak bicara perbatasan, itu hanya soal administrasi. Namun nanti, jika perbatasan sudah ditetapkan oleh Kemendagri, kita harap tidak ada gejolak di masyarakat sekitar perbatasan,” ujarnya lagi. (lis)

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/06/09/bungo-dan-darmasraya-sepakati-kerjasama-tanggulangi-bencana
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>