Headlines News :
Home » » Wabup Bungo H Mashuri Harapkan Petani Kembali Turun ke Sawah

Wabup Bungo H Mashuri Harapkan Petani Kembali Turun ke Sawah

Written By Admin on Kamis, 08 Mei 2014 | 07.39

H.Mashuri - Wakil Bupati Bungo. Foto:lintasbarat.com

LINTAS BARAT, Ekonomi - Kabupaten Bungo yang masih bergantung pada daerah lain dalam memenuhi kebutuhan pasar, khususnya kebutuhan beras dinilai tidak lagi wajar. Namun demikian bila melihat petani di kabupaten Bungo yang menanam padi masih bisa dihitung. Rasanya cukup wajar jika Kabupaten Muara Bungo belum bisa memenuhi kebutuhan pasar.
Sehubungan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Bungo, kembali menyerukan petani untuk kembali turun ke sawah, guna memperbanyak produksi padi. Wakil Bupati Bungo H. Mashuri, Selasa(6/5) saat di konfirmasi  mengatakan, saat ini masyarakat Kabupaten Bungo mayoritas sebagai petani,  harus kembali menanam padi, dengan demikian dua tahun kedepanKabupaten Muara Bungo diharapkan tidak lagi harus mendatangkan Beras dari daerah luar, sepeti Padang, Kerinci dan Kabupaten tetangga lainnya.
 “Selama ini kita tahu, banyak lahan sawa dialih pungsikan, petani lebih banyak menanam karet dan sawit, sementara produksi padi terlupakan. Jelas saja kebutuhan pasar masih bergantung pada daerah lain,”ungkap Wabup H.Mashuri.
Wabup Bungo H. Mashuri juga mengatakan, kendati saat ini lebih banyak petani yang lebih memilih menanam karet dan sawit, pihaknya tetap optimis belum terlambat untuk tetap berusaha mengembalikan keinginan petani untuk tetap bersawah, disamping itu tetap berkebun. H.Mashuri juga mengatakan, petani  harus tetap diberikan arahan, karena itu peran pemerintah.  Melalui dinas pertanian sangat dituntut, sehingga tergerak dan bisa mendapatkan kemudahan.
 “Petani juga tentunya harus termotifasi dan mendapatkan kemudahan, seperti kebutuhan bibit dan masalah lainnya yang harus dibantu,”ujarnya.
Ditambahkanya lagi,  jika lahan saat ini sudah banyak dijadikan kebun sawit dan karet, pihaknya mengharapkan paling tidak lahan yang saat ini masih tersedia bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.
“Yang jelas hasil produksinya, sekalipun jumlah lahannya sedikit jika bisa panen tiga kali dalam setahun, dan hasilnya berkwalitas itu akan lebih baik juga,”pungkasnya.
REPORTER.REN/LB
Sumber: http://lintasbarat.com/artikel/detail/wabup-bungo-h-mashuri-harapkan-petani-kembali-turun-ke-sawah.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>