Headlines News :
Home » , » Tes CPNS 2014 Secara Online

Tes CPNS 2014 Secara Online

Written By Admin on Kamis, 22 Mei 2014 | 08.09

M.Yusuf, Kepala BKD dan Diklat Kab Bungo. Foto:dinamikawarta.com

MUARANUNGO - Tes penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini hampir dipastikan bakal menggunakan sistem online atau Computer Asissted Test (Cat). Peserta tes nanti akan dihadapkan pada soal yang jawabannya dan kepastian lulus atau tidaknya, akan diketahui saat itu juga.  Namun hal ini disebut belum bisa dilakukan di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Bungo. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Bungo, M Yusuf, mengakui hal ini.

"Kemarin saat kita di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang,  mereka memastikan rekrutmen dengan CAT. Tapi kita belum siap untuk itu," ujarnya kemarin.

Faktor yang menyebabkan belum siapnya Kabupaten Bungo, bebernya, karena terkendala sarana dan prasarana penunjang. Sebab, dengan CAT, maka satu peserta membutuhkan satu unit komputer yang sudah terintegrasi dengan sistem. Maka anggaran yang diajukan pada APBD sebesar Rp 1,2 milyar, untuk rekrutmen CPNS tak bakal mencukupi.

"Kalau kepastian ini disampaikan pada tahun lalu, mungkin bisa saja, tapi anggaran sudah ketok palu. Kalau yang daftar misalnya 10 ribu orang, tentu sarana harus dilengkapi sejumlah itu," sebutnya.

Diakuinya, apabila ini betul dilaksanakan tahun ini, maka seluruh kabupaten/kota di Jambi, tes akan dilakukan di provinsi dan akan melibatkan pihak ketiga sebagai penyedia sarana.

"Itu juga menjadi persoalan, sebab tes mesti dilakukan satu kali dan serempak di seluruh Indonesia," terangnya.

Dirinya mengatakan, banyak daerah berharap tes tahun ini masih menggunakan sistem konvensional dengan lembar jawab komputer (LJK).

"Banyak yang keberatan dengan sistem ini. Kalau mau pakai CAT, mestinya jauh jauh hari, agar ada persiapan. Kita berharap ujian tahun ini masih paka LJK," tukasnya.

Sementara terkait reskrutmen CPNS, M Yusuf mengatakan, pihaknya baru saja mengusulkan 1000 lebih formasi kepada Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI. Biasanya, setelah dua bulan pengusulan, pihaknya dipanggil untuk melakukan pembahasan. Setelah itu, baru akan diketahui berapa formasi yang disetujui.

“Kita baru saja usulkan. Kalau biasanya, dua bulan akan ada pembahasan, kita tunggu saja. Mudah-mudahan usulan kita disetujui, karena memang kita kekurangan yang jumlahnya segitu juga. Itu hasil analisis kita sebelumnya,” ujarnya.

Yang lebih menggembirakan, bagi yang hanya lulusan SMA termasuk dalam formasi yang diajukan. Formasi untuk lulusan SMA tetap diajukan dan soal pengakomodiran tetap oleh pusat. Untuk lulusan SMA nantinya bakal ditempatkan sebagai sopir, pengantar surat dan tenaga lainnya.
Reporter : Acink (dinamikawarta.com)
Sumber: http://dinamikawarta.com/berita-1179-tes-cpns-2014-secara-online.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

14 Juni 2014 06.48

ia, tes cpns akan menggunakan sistem CAT yang dilaksanakan secara online,

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>