Headlines News :
Home » , » POLISI LAPAS ANIAYA NAPI

POLISI LAPAS ANIAYA NAPI

Written By Admin on Rabu, 21 Mei 2014 | 08.24


MUARABUNGO – Kisah dugaan tindakan kekerasan datang dari balik tembok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Bungo. Mencuat kabar seorang narapidana (napi) jadi korban penyiksaan Polisi Khusus Lapas (Polsuspas).
Adalah Riandy Indra Saputra (24), Napi pindahan Lapas Jambi ini melapor ke polisi disiksa oleh Andi Siswanto (27), Polsuspas Bungo. Sebelumnya, Andi Siswanto (27) yang sebelumnya juga pernah berkasus serupa yakni menyiksa salah satu napi hingga napi tersebut menjalani opname di RS H Hanafie.
Akibatnya, korban Riandy Indra Saputra mengalami luka robek di bagian pelipis mata dan lebam disekujur tubuh dan muka. Kasus penyiksaan Napi kasus narkoba ini terjadi pada 15 Mei 2014, sekitar pukul 14.30. Menurut Irwan, keluarga korban, pada siang itu, korban dikeluarkan dari selnya di Blok B Kamar 13 oleh Andi Siswanto.
Lalu korban dibawa ke Blok B kamar 2 tempat steril. Di kamar blok B tersebut sudah menunggu Yudi yang juga merupakan Napi di LP. Yudi ternyata ikut serta dalam penyiksaan terhadap korban, Yudi bertugas sebagai orang yang memegang tangan korban agar tidak bisa memberikan perlawanan.
Setiba di kamar 2 Blok B, korban langsung dikurung, dan dibantu oleh Yudi. Pelaku Andi leluasa menghajar korban hingga bersimbah darah dan tidak mampu lagi berdiri. Setelah puas menyiksa korban, barulah korban dimasukkan ke dalam ruangannya, terlihat pelipis mata bawah robek. Melihat kondisi korban yang cukup parah, akhirnya pihak Lapas membawa korban berobat.
Penyiksaan yang dilakukan Andi ini disaksikan banyak napi lain, baju yang digunakan korban dijadikan bukti kejahatan pelaku. Selain itu ada Napi yang mengabadikan penyiksaan yang dilakukan Andi dan kartu memori HP yang ada poto-poto penyiksaan dan kondisi korban pasca disiksa juga diamankan oleh korban. Kapolres Bungo melalui Kasat Reskrim AKP Ardi Kurniawan membenarkan adanya laporan tersebut."Benar, ada keluarga korban yang melaporkan ke Polres," tandasnya singkat.
KPLP Benarkan Ada Napi Disiksa
Sementara itu, Kasus penyiksaan narapidana alias Napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bukan saja terjadi di Lapas Bungo, tapi hampir disemua lapas, namun khusus untuk di Lapas Bungo, Polsuspas yang kerap menghajar napi hanya ada satu orang yakni Andi Siswanto (27). Sebelumnya, Andi Siswanto juga pernah dilaporkan ke Polisi oleh keluarga salah satu Napi lantaran menyiksa napi tersebut hingga tak sadarkan diri dan di Opname di RS H Hanafie.
Akibat perbuatan, Polsuspas ini, polisi memeriksa kasus tersebut. Namun di tengah perjalanan, pelaku Andi meminta agar kasusnya diselesaikan secara kekeluargaan, dan Andi bersedia membayar semua biaya pengobatan yang dialami korban serta memberikan uang santunan lain, hingga kasusnya ditutup. Berkemungkinan, karena kasusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan, Andi jadi besar kepala dan kembali menyiksa tahanan di Lapas Bungo.
Informasi yang berhasil didapat, kasus penyiksaan ini hanya lantaran masalah sepele, yakni soal hutang-piutang makan di LP, korban memiliki hutang lebih kurang Rp 150 ribu di kantin, namun belum bisa membayarnya, hingga akhirnya Algojo Lapas bernama Andi mengeksekusi napi tersebut hingga berlumuran darah dan tidak sadarkan diri.
Kepala Lapas Bungo Yunianti BcIP, S.Pd, MAP melalui KPLP Lapas Bungo Eka Winarno, S.Pd membenarkan adanya penyiksaan seorang Napi di Blok B yang bernama Riandy dan KPLP juga membenarkan kalau pelaku penyiksaan itu adalah Polsuspas Bungo bernama Andi. Menurut KPLP, pelaku Andi sudah sering menyiksa tahanan dan napi, namun pihak Lapas tidak bisa memberikan sanksi, lantaran sanksi langsung dari Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Jambi. “Iya pelakunya Andi yang dulu juga menganiaya Napi hingga masuk rumah sakit, soal hukuman ataupun sanksi untuk Polsuspas bukan wewenang Lapas Bungo tapi itu adalah wewenang Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jambi,” terang KPLP Eka kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin. (usa)
Sumber: http://www.jambi-independent.co.id/jinn/index.php/component/k2/item/454-polisi-lapas-aniaya-napi

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>