Headlines News :
Home » , , » Pemindahan Tiang PLN Telan Anggaran Rp 500 Juta

Pemindahan Tiang PLN Telan Anggaran Rp 500 Juta

Written By Admin on Selasa, 27 Mei 2014 | 14.12


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin
TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO – Wajah Kota Muara Bungo tengah ditata secantik mungkin. Langkah terdekat dan kini tengah dikerjakan, adalah pembangunan jalan dua jalur.
Ruas yang tengah di bangunan jalan dua jalur yakni di Jalan Lintas Sumatera. Pada jalan yang membelah Kota Muara Bun
foto:infobungo.com
go ini, dibangun jalan dua jalur sepanjang lebih kurang enam kilometer. Dari Jembatan Sungai Batang Tebo di Kampung Solok, sampai simpang Bandara Muara Bungo, Paal 9 arah Bangko.
Untuk dana pembangunan jalannya, dianggarkan melalui APBN 2014. Tepatnya yakni melalui dana Kementerian PU yang dikucurkan melalui Balai PU di Padang, Sumatera Barat. Namun ada dana khusus yang mesti ditanggung Pemkab Bungo. Terkait PLN.
Anggaran itu adalah untuk pemindahan tiang-tiang PLN. Dulunya, sebelum dibangun jalan dua jalur, tiang PLN itu berjarak cukup jauh dari badan jalan. Namun karena dilakukan pelebaran di kiri dan kanan jalan, kini tiang-tiang itu sudah berada di badan jalan.
“Memang betul itu. Saya tidak ingat jumlah pastinya, tapi memang banyak tiang PLN yang harus kita pindahkan,” ujar Kadis PU Bungo, Azwir, beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, tak mungkin menunggu anggaran dari PLN untuk pemindahan tiang-tiang itu. Sebagai instansi vertikal, mengikuti mekanisme PLN bisa memakan waktu yang sangat lama. Karena harus diusulkan dulu ke pusatnya di Jakarta.
Akhirnya, menimbang agar pembangunan jalan dua jalur tak terkendala, Pemkab Bungo yang ‘maju’. Biaya pemindahan tiang-tiang PLN itu ditanggung oleh Pemkab Bungo. Menelan dana sekitar Rp 500 juta.
“Mau tidak mau lah. Dana dari Kementerian PU tidak termasuk biaya pemindahan tiang-tiang PLN. Tidak mungkin juga menunggu anggaran dari PLN. Bisa sangat lama nanti,” ujar Azwir lagi.
Solusinya, menurut Azwir, menggunakan dana dengan pola swakelola. Terlebih anggaran Rp 500 juta itu bukan hanya untuk pemindahan tiang-tiang listrik. Melainkan juga perbaikan jaringan PDAM. Karena tidak sedikit jaringan PDAM yang rusak saat dilakukan pelebaran jalan.
“Pihak PLN juga sudah kita undang membahas masalah pemindahan tiang ini. Insya Allah secepatnya bisa dilakukan,” ujar Azwir lagi.
Pantauan Tribun, proyek jalan dua jalur yang ‘dikapling’ dalam tiga paket ini, pengerjaannya terus berjalan. Beberapa alat berat terlihat bekerja siang malam di beberapa titik. Termasuk mobil-mobil truk yang mengangkut tanah untuk ditimbunkan.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/05/26/pemindahan-tiang-pln-telan-anggaran-rp-500-juta

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>