Headlines News :
Home » , , » Pengoplos 20 Ribu Liter BBM Divonis Delapan Bulan

Pengoplos 20 Ribu Liter BBM Divonis Delapan Bulan

Written By Admin on Rabu, 12 Maret 2014 | 07.16

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin
TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO– Kasus hukum Jason Nainggolan, Hamdani, dan Ramlan, tiba di penghujungnya. Ketiga terdakwa pengoplos 20 ribu liter BBM duduk di kursi terdawak mendengarkan vonis majelis hakim PN Muara Bungo, Selasa (11/3).
Hakim ketua, SM Sinaga, membacakan vonis delapan bulan penjara untuk ketiganya. Tak hanya itu, mereka juga dijatuhi denda satu milyar rupiah subsider satu bulan penjara.
“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakin bersalah. Menjatuhkan hukuman delapan bulan penjara dan denda satu miliar rupiah, subsider satu bulan penjara,” ujarnya lantas mengetuk palu.
Sebelumnya, JPU menuntut ketiganya melanggar pasal 54 UU nomor 22 tahun 2001 tentang Migas. Tak hanya itu, ketiganya juga didakwa mencemarkan nama baik perusahaan serta PT Pertamina sebagai pemasok BBM tersebut.
Sementara hal meringankan, diantaranya karena ketiga terdakwa menyesali perbutannya. Selain itu mereka juga punya tanggungan kelurga, baik istri maupun anak. Pertimbangan meringankan lainnya adalah karena BBM yang dioplos belum sempat dijual. Aksi mereka sudah terlebih dulu diketahui petugas SPBU 24372222 Pal 9 Bungo.
“Putusan hakim sesuai dengan tuntutan jaksa. Kita juga melakukan penyitaan terhadap uangRp 1,5 juta untuk negara. Sementara mobil tangki dikembalikan ke perusahaan karena pihak perusahaan menyanggupi mengganti BBM kepada SPBU yang dirugikan,” ujar JPU, Hamsudin.
Sejatinya, hampir secara keseluruhan majelis hakim sepakat dengan tuntutan jaksa. Yagn beda hanya hukuman subsider . JPU menuntut subsider tiga bulan, dikabulkan majelis hakim adalah satu bulan penjara. Atas putusan ini, JPU dan ketiga terdakwa sama-sama menyatakan menerima.
Kasus ini sendiri bermula ketika sopir mobil tangki Pertamina, Ramlan, membawa 20 ton minyak dari Jambi ke Bungo. Tiba di Batanghari, Ramlan bersama Hamdani menurunkan BBM sebanyak dua ton, dan kemudian mengisi lagi dua ton denganBBM oplosan.
Lantas Ramlan menyuruh Hamdani mengantar ke SPBU Paal 9 Muara Bungo. Hanya saja aksi mereka tidak berjalan mulus. Petugas SPBU yang mencurigai ada yang tak beres melapor ke polisi. Saat itu diduga minyak solar itu dioplos dengan CPO tau minyak mentah sawit.
Tengah malam itu juga Hamdani langsung diperiksa dan mengaku kepada polisi. Ramlan dan rekannya Jason, kemudian ikut dijemput oleh polisi. (lis)
Penulis: muhlisin
Editor: deddy
Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/03/11/pengoplos-20-ribu-liter-bbm-divonis-delapan-bulan

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>