Headlines News :
Home » » Soal Harga TBS di Bungo Ikut Penetapan dari Disbun

Soal Harga TBS di Bungo Ikut Penetapan dari Disbun

Written By Admin on Kamis, 06 Februari 2014 | 07.41


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin 
TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Rapat soal penetapan harga TBS di Kabupaten Bungo sempat berlangsung panas. Karena panasnya perdebatan dan saling bertahan, ada peserta rapat yang menepuk meja. Namun akhirnya titik temu dicapai di antara kedua belah pihak.
Foto:jambi.tribunnews.com
 Titik temunya adalah kedepannya harga TBS mengikuti penetapan harga Dinas Perkebunan (Disbun). Namun tidak sekarang, melainkan mulai penetapan rapat Disbun pada Kamis (13/2) nanti.
 Artinya, hingga Kamis minggu depan, harga TBS tetap akan dibeli seperti harga saat ini, Rp 1.880/kg. "Keputusannya bertahan dulu dengan harga sekarang. Kedepannya menyesuaikan lagi dengan hasil rapat Kamis (13/2) nanti," ujar Budi Hartono, Asisten II Setda Bungo, Selasa (4/2).
 Budi mengakui, sebelumnya invoice PT SAL tidak masuk dalam perhitungan penentuan harga di Pokja Jambi. Hal itulah yang membuat PT SAL keberatan mengikuti penetapan harga tersebut saat membeli TBS dari petani, baik plasma maupun petani lainnya.
 Kedepannya, ia janji hal itu tidak akan terjadi lagi. Perhitungan dari PT SAL akan masuk dalam pertimbangan penentuan harga TBS. Dengan demikian PT SAL juga kedepannya wajib mengikuti harga yang ditetapkan oleh pemerintah.
 "Yang terpenting sekarang, tolong jaga suasana kondusif. Konsekwensinya, ikut harga disbun berarti otomatis nanti harga TBS juga menyesuaikan dengan tahun tanam. Itu dihitung. Selama ini SAL tidak menghitung tahun tanam, ambil pukul rata saja," Budi menjelaskan.
 Sementara itu, ditemui Tribun usai rapat, Sulaiman memastikan unjuk rasa petani batal dilakukan. Sebelumnya pihak Apkasindo sudah menyampaikan surat pemberitahuan rencana aksi unjuk rasa ke Polsek Pelepat Ilir.
 Kata Sulaiman, Ketua Apkasindo Bungo, unjuk rasa itu rencananya dilakukan sebagai antisipasi. Jika perundingan dengan pihak PT SAL tidak membuahkan hasil sesuai harapan, maka unjuk rasa dengan mengerahkan ratusan petani menjadi jalan yang mereka tempuh.
 "Rencana kita Kamis (6/2) nanti demo di pabrik. Surat pemberitahuan sudah masuk ke polisi. Sekarang kita akan lihat dulu, sejauh mana hasil rapat ini bisa dilaksanakan," pungkasnya. 

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2014/02/05/soal-harga-tbs-di-bungo-ikut-penetapan-dari-disbun


Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>