Headlines News :
Home » » Inflasi Bungo 1,11 Persen

Inflasi Bungo 1,11 Persen

Written By Admin on Selasa, 04 Februari 2014 | 14.09

foto: detakpelalawan.com
TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Untuk kali pertama, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi merilis angka inflasi Kabupaten Bungo.
"Penghitungan inflasi Provinsi Jambi, untuk Januari kini telah resmi dibagi dua wilayah yaitu Kota Jambi dan Kabupaten Bungo serta menggunakan tahun dasar 2012 dari sebelumnya 2007," ucap Kepala BPS Provinsi Jambi Yos Rudiansyah dalam penyampaian rilis bulanan BPS, Senin (3/2/2014).
BPS merilis, Kota Jambi dan Kabupaten Bungo mengalami inflasi masing-masing sebesar 1,56 persen dan 1,11 persen. Dikatakan Yos, beberapa faktor penyumbang inflasi Jambi dan Bungo turut disumbangkan dari sektor bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.
Di Kota Jambi, kontribusi terbesar disumbangkan oleh bahan makanan sebesar 4,63 persen. Sedangkan untuk Kabupaten Bungo disumbangkan pula oleh bahan makanan sebesar 2,19 persen.
"Dominannya bahan makanan karena, seperti daging dan makanan jadi serta minuman masih didapatkan dan disuplai dari luar provinsi. Dengan banyaknya bencana seperti longsor, gunung berapi membuat pendistribusian dan suplai bahan makanan tersebut ke Jambi dan Bungo terhambat," paparnya.
Komoditas utama yang memberikan andil terhadap inflasi Kota Jambi pada Januari di antaranya cabai merah, bahan bakar rumah tangga, daging ayam ras, cabai rawit, telur dan beberapa komoditas lainnya. Namun dari kacamata Yos, inflasi awal tahun di tahun-tahun sebelumnya memang selalu di atas nilai 1 persen. Hal itu dikarenakan, kebutuhan barang dan jasa lebih tinggi namun suplai tidak mendukung.
Catatan inflasi awal tahun (Januari) sejak 2012-2014 selalu di atas 1 persen. Pada Januari 2012 inflasi Jambi sebesar 1,09 persen, lalu Januari 2013 1,46 dan kini Januari 2014 sebesar 1,56 persen.
"Untuk perbandingan inflasi dan indeks antarkota se-Sumatera, Jambi berada di urutan 11 dengan yang terbesar atau urutan pertama dipegang oleh Pangkalpinang sebesar 3,79 persen dan urutan kedua Tanjungpandan 3,60 persen dan yang ketiga Sibolga 3,24 persen," ujarnya. (tyo)

Sumber: http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/02/04/inflasi-bungo-111-persen

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>