Headlines News :
Home » , » DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA

DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA

Written By Admin on Kamis, 06 Februari 2014 | 07.57


MUARABUNGO - Agus Susilo alias Agus bin Sidik (20) bakal menghabiskan masa mudanya dibalik jeruji besi. Warga Teluk Kecimbung, Kecamatan Tanah Tumbuh tersebut tampak pasrah ketika dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) 20 tahun penjara atas perbuatannya membunuh rekan kerjanya Budi Hidayat (19) di Swalayan Hypermart 26 Agustus 2013 lalu.
Sidang lanjutan terdakwa dengan agenda pembacaan tuntutan dipimpin Hakim Ketua Joko Widodo, didampingi dua Hakim Anggota Yofis, dan Forchi. Sidang yang mendapat pengawalan ketat aparat Kepolisian dari Polres Bungo, dimulai sekitar pukul 11.50 WIB.
Para keluarga korban tampak berdatangan ingin melihat tuntutan yang dibacakan JPU Ridwan Joni. Namun mereka terhalang oleh ketatnya pengawalan.
Agus Susilo Terdakwa Pembunuhan rekan kerja di Hypermart Permata Bungo Plaza digiring ke Sel beberapa saat usai di tuntut 20 tahun penjara oleh JPU di PN Muarabungo, kemarin (4/2). foto:jambi-independent.co.id
Saat membacakan tuntutan, JPU Ridwan Joni menuntut terdakwa Agus Susilo 20 tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran pidana sebagaimana yang diatur dalam Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. “Unsur-unsur dari Pasal 340 ini dinyatakan telah terpenuhi,” ungkap Ridwan saat membacakan tuntutan.
Tuntutan yang diberikan oleh JPU sambung Ridwan merupakan fakta yang telah terungkap selama menjalani Persidangan. Ini setelah mendengarkan keterangan saksi dan pengakuan dari terdakwa, fakta yang terungkap menunjukkan bahwa terdakwa yang menyebabkan korban meninggal dunia. “Selama menjalani Persidangan tidak ditemukan alasan pembenaran dan pemaafan, sehingga kami berpendapat terdakwa ini telah melanggar pasal 340 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau dipenjara selama 20 tahun kurungan,” ungkap Ridwan Joni.
Tuntutan selama 20 tahun yang diberikan oleh JPU ini juga diperkuat dengan barang bukti yang telah dihadirkan dalam Persidangan. Berupa baju kemeja, baju kaos, sepatu dan pisau yang digunakan oleh terdakwa saat melakukan pembunuhan. “Barang bukti berupa baju kemeja berwarna biru, baju kaos, sepatu dan pisau,” sambung Ridwan.
Sementara yang menjadi pertimbangan JPU menuntut hukuman penjara selama 20 tahun, bahwa perbuatan terdakwa ini telah direncanakan terlebih dahulu serta perbuatan terdakwa ini menyebabkan orang lain meninggal. “Terdakwa berterus terang ketika menjalani Persidangan, sehingga tidak menyulitkan Majelis Hakim dan terdakwa ini menyesali perbuatannya,” ungkap Ridwan.
Seperti diketahui, Agus Susilo, warga Teluk Kecimbung, Kecamatan Tanah Tumbuh yang bekerja sebagai Security di Hypermart membunuh rekan kerjanya Budi Hidayat, warga Pelayang, Kecamatan yang sama. Pembunuhan itu terjadi 26 Agustus 2013 lalu di lantai dua Hypermart dengan cara menusuk korban dengan pisau hingga 4 kali. Usai membunuh Agus kabur ke Pulau Jawa, namun pelariannya berakhir saat dibekuk Tim Buser Polres Bungo di Jakarta 30 Agustus 2013. (run/rb/ira)

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id/jinn/index.php/hukum/item/654-dituntut-20-tahun-penjara

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>