Headlines News :
Home » , , » Krinok Resmi Jadi Warisan Budaya Indonesia

Krinok Resmi Jadi Warisan Budaya Indonesia

Written By Admin on Selasa, 17 Desember 2013 | 12.13


MUARABUNGO – Kekayaan budaya Indonesia bukan hanya warisan benda-benda bersejarah. Banyak pula karya budaya takbenda (intangible) nasional yang patut dilestarikan. Salah satunya warisan budaya lagu daerah. Dan saat ini, Bungo patut berbangga. Sebab lagu daerah Bungo, Krinok saat ini resmi menjadi warisan budaya takbenda Indonesia. Krinok menjadi warisan takbenda Indonesia diantara 77 warisan budaya lainnya di seluruh Indonesia. Masuknya Krinok menjadia warisan adiluhung bangsa ini ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 16 Desember kemarin. Terkait dengan hal ini, Bupati Bungo H. Sudirman Zaini langsung memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan ini.
“Syukur alhamdulilah Krinok masuk dalam budaya nasioanal. Jangan sampai ini diklaim orang lain. Dengan keberhasilan ini, berarti budaya Bungo menjadi daya tarik tersendiri. Saya apresiasi tinggi,” ujarnya saat dikonfirmasi dinamikawarta usai melakukan pengecekan perbaikan jalan Diponegoro tadi pagi.
Dirinya berharap, keberhasilan lagu Krinok menjadi budaya nasional akan diikuti lagu-lagu daerah lainnya di Kabupaten Bungo. Dengan keberhasilan ini, tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bungo menjadi besar pula. Melestarikan dan lebih mengenalkan Krinok di semua kalangan akan menjadi satu pekerjaan Pemerintah kedepannya.
“ Setahun sekali kita adakan lomba-lomba lagu daerah waktu festival Pusparagam. Kedepan mungkin bisa juga dimasukan dalam muatan local di sekolah. Nanti ini menjadi tugas Dinas Pendidikan. Kebudayaan daerah, apapun itu harus dilestarikan,” tuturnya.
Sementara terkait dengan penetapan ini, tim ahli dan Kemendikbud, juga mengumumkan 77 karya budaya yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada sidang penetapan yang telah dilakukan 16 November lalu. Tujuh di antaranya telah ditetapkan lebih dulu sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO yaitu, Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman, Noken, dan Tenun Ikat Sumba. Penetapan dilakukan pada Perayaan Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia di Hotel Millenium, Jakarta pada hari Senin, 16 Desember 2013 kemarin.
Adapun warisan budaya takbenda didefinisikan sebagai, segala praktek, representasi, ekspresi, pengetahuan, keterampilan: serta alat-alat, benda (alamiah), artefak dan ruang-ruang budaya terkait lainnya yang diakui oleh berbagai komuniti, kelompok, dan dalam hal tertentu perseorangan sebagai bagian warisan budaya mereka. Warisan ini diekspresikan dalam lima domain meliputi tradisi dan ekspresi lisan termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya takbenda, seni pertunjukan, adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan-perayaan, pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta, dan kemahiran kerajinan tradisional.
Reporter : Supri (member of Bungo Pos)
Sumberhttp://dinamikawarta.com/berita-542-krinok-resmi-jadi-warisan-budaya-indonesia.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>