Headlines News :
Home » , » Kepala BPBD Imbau Warga Buat Rumah Bertiang Tinggi

Kepala BPBD Imbau Warga Buat Rumah Bertiang Tinggi

Written By Admin on Senin, 23 September 2013 | 15.53


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin
TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO – Kabupaten Bungo cukup rawan dengan beberapa jenis bencana. Khusus banjir, bahkan sudah menjadi semacam siklus yang terjadi setiap tahunnya.
Tak hanya ancaman banjir, beberapa daerah juga dikenal rawan tanah longsor. Bahkan puting beliung juga bukan lagi ancaman baru di Bungo. Paling tidak hal itu sudah seringkali terjadi.
Kepala Kesbang Polinmas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bungo, H Tommy Usman, mengakui itu. Kepada Tribun ia mengatakan daerah rawan bencana sudah mulai dipetakan.
Untuk daerah rawan banjir, menurut Tommy, sudah terpetakan dengan jelas. Terjangan air keruh dipastikan dating tiap tahun di tiga sungai utama. Yakni Sungai Batang Bungo, Batang Tebo, dan Batang Pelepat.
“Kami sarankan ke masyarakat di titik yang selalu terendam saat banjir, buatlah rumah bertiang tinggi. Tak perlu sekedar ikut tren rumah beton tanpa tiang,” ujar Tommy, Minggu (22/9).
Tommy mengatakan, masyarakat tak boleh hanya bersandar dan mengandalkan pemerintah saja. Mereka juga harus pro aktif mempersiapakan diri. Baik siap infrastruktur maupun siap kemampuan dan oranisasi sosial.
Organisasi sosial yang ia maksud adalah membentuk kelompok masyarakat siaga. Sehingga begitu ada kejadian, kelompok masyarakat yang dipimpin oleh petinggi dusun, sudah bisa melakukan penyelamatan efektif.
“Begitu juga dengan masyarakat yang dekat dengan potensi tanah longsor, harus siap. Kami identifikasi ada beberapa daerah, yaki di Kecamatan Rantau Pandan, Bathin III Ulu, Limbur Lubuk Mengkuang, Jujuhan, dan Pelepat,” ujarnya lagi.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2013/09/22/kepala-bpbd-imbau-warga-buat-rumah-bertiang-tinggi


Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>