Headlines News :
Home » » Warga Pro Rio Gelar Demo Tandingan

Warga Pro Rio Gelar Demo Tandingan

Written By Admin on Minggu, 21 Juli 2013 | 19.16


MUARA BUNGO – Hasil pertemuan antara warga anti Iskandar yang merupakan rio (kades, red) dusun Panjang kecamatan Tanah Tumbuh, pada kamis (18/7) lalu hanya menghasilkan dilantiknya anggota Badan Permusyawaratan Dusun (BPD) setempat. Sementara tuntutan agar Pemda memberhentikan Iskandar sebagai rio tidak akan digubris oleh Pemkab Bungo.

Merasa rio mereka tidak seperti yang dituduhkan oleh warga yang anti, ratusan warga pro rio Jum’at (19/7) giliran mendatangi kantor bupati Bungo untuk mempertahankan Iskandar sebagai pimpinan mereka di dusun Panjang. Dan pertemuan kembali dipimpin oleh asisten 1 Setda Bungo, Tobroni Yusuf.
UNJUK RASA: Puluhan warga yang mengatasnamakan pro rio dusun Panjang melakukan unjuk rasa didepan kantor bupati Bungo. foto: 

Dalam kesempatan itu, Pemkab Bungo menegaskan tidak akan mengganti rio dusun Panjang karena tidak ada alasan yang kuat untuk itu. Untuk melakukan penggantian rio, menurut Pemkab Bungo, harus melalui prosedur yang jelas. Jika itu tidak dilakukan, maka akan menjadi masalah besar bagi pemerintah itu sendiri.

Sementara itu Pemerintah beralasan, dilantiknya pengurus BPD itu hanya untuk persyaratan agar memantau kinerja rio dusun Panjang setelah ada hasil dari pemeriksaan inspektorat terhadap laporan-laporan dari warga atas dugaan berbagai macama persoalan.

Hasil dari pemeriksaan itu tidak ditemukan apa yang sudah dilaporkan tersebut terhadap Iskandar. Karena itulah warga kontra rio melakukan aksi pada Kamis lalu.

Dilantikanya anggota BPD pada kamis lalu, membuat berang warga yang pro rio. Karena tidak terima, Jumat kemarin sekitar pukul 09.30 WIB, mereka melakukan demo tandingan didepan kantor bupati Bungo. Dalam orasinya, warga meminta agar rio dusun Panjang tetap diaktifkan setelah sempat 5 bulan dinonaktifkan oleh Pemda Bungo.

“Berdasarkan audit dari Inspektorat, tuduhan yang dilaporkan oleh warga terhadap rio dusun Panjang tidak terbukti. Mengapa harus diganti. Kalau diganti, sudah menyalahi aturan,” kata pendemo dihalaman kantor bupati, kemarin.

Setelah beberapa menit melakukan aksi, pendemo langsung diterima oleh Asisten I Setda Bungo, Tobroni Yusuf. Dalam pertemuan itu, warga meminta dengan tegas kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan yang jelas dan tidak plin-plan.

“Apabila permintaan kita tidak dipenuhi, kita takut akan terjadi perang saudara,” kata  Ris, warga yang ikut dalam pertemuan itu.

Sebab, dikatakan Ris, selama lima bulan rio dusun panjang di non aktifkan oleh bupati dan digantikan oleh PLH dari Kecamatan atas nama Zuhdi, warga di dusun Panjang sudah tidak kondusif lagi.

Warga juga meminta agar pemerintah tidak usah lagi menanggapi apa kata warga yang tidak suka dengan rio dusun Panjang yang sudah diaktifkan saat ini.

Setelah beberapa lama melaksanakan pertemuan, keputusan pemerintah tetap tidak akan menggantikan rio dusun Panjang. Kecuali ada kesalahan fatal yang dilakukan oleh rio dusun Panjang.

Tidak digantinya rio dusun panjang atas nama Iskandar itu, dikatakan Kepala Inspektorat Kabupaten Bungo Bahtiar, inspektorat telah memberikan beberapa catatan terhadap laporan dari warga.

Diantaranya, Camat harus mempersiapkan BPD baru. Meminta pemuda dusun Panjang harus dipungsikan. Penggunaan dana ADD harus transparan. Kemudian, pengelola dana PDPM tidak dibenarkan jabatan rangkap.  

“Kalau catatan kita sebelumnya mengenai dana ADD memang belum transaparan. Tapi, bukan dia korupsi. Kedepan kita minta transparan,” kata Bakhtiar.

Sementara itu, Asisten I Setda Bungo Tobroni Yusuf mengatakan, untuk melakukan pemberhentian rio dusun Panjang harus melalui prosedur. “Kalau ada kesalahan fatal nantinya, baru bisa diberhentikan,” tegasnya.(ari)

Sumber: 
http://bungoteboekspres.com/berita-warga-pro-rio-gelar-demo-tandingan.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>