Headlines News :
Home » , » Penambang Liar Masih Marak

Penambang Liar Masih Marak

Written By Admin on Rabu, 12 Juni 2013 | 16.50



LIAR : Salah satu titik tempat penambangan liar yang ada di wilayah kecamatan Rimbo Tengah
MUARA BUNGO – Hingga saat ini, masih banyak pelaku penambangan liar di kabupaten Bungo. Seperti penambangan galian C dan batubara yang kurang memperhatikan dampak lingkungan terhadap penambangan itu.
         
Namun demikian, pihak dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) kabupaten Bungo enggan menyebutkan posisi penambangan tersebut dengan mensosialisasikan undang-undang no 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara.

Hal ini diungkapkan kepala dinas DESDM Bungo HM. Hidayat melalui Syaifuddin, kepala seksi perizinan tambang bidang pertambangan umum, saat ditemui di ruang kerjanya Senin (10/6).

Katanya hingga saat ini pendekatan kepada para penambang untuk mematuhi aturan gencar dilakukan, untuk semua kecamatan di Kabupaten Bungo.

“Tujuannya bagaimana penambang ini tidak melanggar aturan yang berlaku, sebab ini berhadapan dengan hukum,” terang Syaifuddin.

Selain itu katanya, para penambang juga harus mengatahui isi undang-undang no 4 tahun 2009 dimana menambang dan berbagai aturan yang harus dipatuhi.

Katanya lagi, pendekatan seperti ini tidak hanya diberikan kepada para pelaku tambang, baik yang berizin maupun tidak, melainkan juga seluruh jajaran pemerintahan dusun, seperti Llurah dan Rio juga disertakan, sehingga ini diharapkan bisa menertibkan kegiatan yang ilegal.
Selain itu, pihak DESDM juga menyinggung tentang perizinan yang diajukan masyarakat, yang hingga saat ini belum diterbitkan, warga diminta mengerti, karena untuk menerbitkan izin tambang ini prosesnya bukan cuma sebatas di DESDM saja.
“Permohonan izin pertambangan yang hingga saat ini belum juga dikabulkan, ini karena semuanya butuh proses dan penilaian, apakah layak atau sebaliknya,” pungkasnya.(aim)

Sumber Berita: 
http://bungoteboekspres.com/berita-penambang-liar-masih-marak.html
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>