Headlines News :
Home » , » Minta Perusahaan Jalankan CSR

Minta Perusahaan Jalankan CSR

Written By Admin on Sabtu, 01 Juni 2013 | 06.30


MUARA BUNGO – Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (DESDM) Bungo mewarning semua perusahaan tambang di kabupaten Bungo untuk peduli dengan lingkungan dan menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini dikarenakan hingga kini masih banyak perusahaan yang belum menjalankan program tersebut.

Kepala bidang pertambangan umum (Pertum) Ir. Eko Prasetyo dinas ESDM Bungo, kepada harian ini mengatakan, saat ini dari banyaknya perusahaan yang ada di Bungo, diperikaran baru tiga perusahaan yang menjalankan program CSR itu.

“CSR diharapkan anggaran pendapatan dan belanja daerah tidak semua terserap, untuk pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan,” terang Eko Prasetyo.

Lanjutnya, seluruh perusaaan tidak hanya dituntut peduli lingkungan, akan tetapi juga agar ada kesadaran akan kewajibannya sebagai perusahaan dengan memperhatikan kesejahteraan warga yang berada di sekitar lokasi tambang.

“Ini kita harapkan paling tidak harus berjalan dimana tempat perusahan tersebut beroperasi, sehingga ini bisa membantu pemerintah,” ujarnya.

Katanya lagi, perusahan yang saat ini tidak menjalankan CSR, tahun ini juga diperkirakan akat menurun, hal ini karena melihat dari rotasi harga yang tidak stabil, sehingga meskipun mereka tidak rugi. Namun akan sulit rasanya menjalanakan program tersebut.

“Kami telah memberikan sosialisasi, bagaimana perusahaan bisa melaksanakan program CSR sesuai dengan besar kecilnya perusahaan,” tutur Eko Prasetyo.

Sementara, ketika ditanya apa sangsi bagi perusahaan yang tidak menjalankan CSR, katanya untuk sanksi tidak begitu berat, sebagaimana yang tertera dalam undang-undang, tidak ada sanksi berat, hanya saja ini merupakan kesadaran sosial yang patut di jalankan.

“Untuk sanksi, tidak ada yang berat ini hanya program tahunan dan kapan watktu terakhirpun tidak dibatasi,” imbuhnya.

Katanya lagi, hingga saat ini realisasi CSR tidak diketahui berapa persentasinya, yang jelas di Bungo untuk tahun inipun banyak yang tidak berjalan.

“Untuk seberapa besarnya, dan realisasinya tidak tertulis dalam data base, namun kedepannya ini menjadi perhatian bersama agar perusahaan dan masyarakat sama-sama diberikan keuntungan,” pungkasnya.(aim/adv)

Sumber Berita: 
http://www.bungoteboekspres.com/berita-minta-perusahaan-jalankan-csr.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>