Headlines News :
Home » » Bupati Bungo Keluarkan Perbup. Larang Keras Pungutan PSB.

Bupati Bungo Keluarkan Perbup. Larang Keras Pungutan PSB.

Written By Admin on Jumat, 14 Juni 2013 | 17.53

MUARA BUNGO – Memasuki masa Penerimaan Siswa Baru (PSB) untuk tahun ajaran 2013/2014 di kabupaten Bungo, Bupati Bungo melarangan pungutan dalam bentuk apapun. H. Sudirman Zaini menegaskan jika pihak sekolah dilarang keras untuk melakukan pungutan kepada siswa baru dalam proses PSB nanti.

Bahkan untuk memperkuat larangan pungutan PSB itu, bupati bungo telah mempersiapkan dan dalam waktu dekat akan mengeluarkan Perbu larangan pungutan di PSB.

“Dalam dua hari ini Insyaallah Perbub-nya sudah selesai,” ujar Bupati kepada sejumlah wartwan saat ditemui di ruang kerjnya, Kamis (13/06).

Dengan adanya Perbub itu, nantinya diharapkan ada landasan pemerintah untuk menindak tegas kepada pihak sekolah yang masih bermain dalam proses PSB.

Dikeluarkannya Perbub itu menurut Bupati juga untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar anak-anak pada usia sekolah dapat melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang tinggi. Karena tidak bisa dipungkiri, orang tua masih ada yang merasa berat ketika mendaftarkan anaknya ketika masuk sekolah.

“Masih banyak yang keberatan dengan biaya sekolah, oleh karenya kita berikan kemudahan dengan Perbub ini,” kata bupati.

Hal ini kata Bupati, karena beban biaya pada penerimaan siswa baru tidak jarang membuat orang tua harus berfikir dua kali untuk mendaftarkan anaknya di sekolah tertentu.

“Kasihan masyarakat kan, tidak semua orang tua itu mampu untuk menyekolahkan anaknya, apalagi dalam proses penerimaan siswa baru sudah dipungut biaya yang tidak sedikit,” papar bupati.

Untuk itu, dengan terbitnya Perbub tentang larangan pungutan pada PSB, mulai tahun 2013 ini tidak ada lagi pungutan dalam PSB, baik untuk formulir ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan PSB.

“Kalau masih melakukan pungutan dari pihak sekolah, tentunya akan ada sanksinya. Mulai tahun 2013 dan selanjutnya tidak ada lagi namanya pungutan dalam PSB, baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA,” tegas bupati lagi.

Dirinya juga menghimbau kepada pihak Dinas Pendidikan, agar nantinya dapat mensosialisasikan kepada sekolah mengenai Perbub tersebut. Hal ini supaya pihak sekolah dapat menjalankan peraturan tersebut secara benar.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh orang tua untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Terlebih pada tahun ini, jenjang pendidikan SMA sederajat juga akan mendapatkan dana Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (RBOS) sebesar Rp 60 ribu per siswa.

“Kalau untuk tingkat SD dan SMP kan memang sudah ada. Tahun ini untuk tingkat SMA juga akan diluncurkan, namanya RBOS,” tukasnya.(ari)


Sumber Berita: 
http://www.bungoteboekspres.com/berita-larang-keras-pungutan-psb.html

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>