Headlines News :
Home » , » Pileg 2014. Dailami: Berkas Lengkap Caleg Hanya 20 Persen

Pileg 2014. Dailami: Berkas Lengkap Caleg Hanya 20 Persen

Written By Info Bungo on Jumat, 03 Mei 2013 | 06.31

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO – Semua parpol sudah serahkan berkas bacalegnya. Usai penyerahan 22 April lalu, KPU Bungo juga sudah bergerak melakukan verifikasi berkas tersebut.
 Kesimpulan sementara dari verifikasi, hanya 20 persen berkas caleg yang dinyatakan lengkap. Sementara 80 persen lainnya, menurut KPU, masih amburadul alias sangat tidak lengkap.

“Berkas pendaftaran bacaleg masih banyak yang amburadul. Yah cuma sekitar 20 persen yang bisa dibilang bagus,” ujar Dailami, anggota KPU Bungo yang juga Divisi Pengawasan Hukum dan Pencalonan, Kamis (2/5).
Dari verifikasi yang sudah dilakukan, sebagian besar memang patut menyandang status ‘amburadul’. Beberapa bacaleg bahkan tidak melampirkan syarat-syarat yang sifatnya sangat vital.

Diakui Dailami, diantaranya banyak caleg yang tak lampirkan ijazah. Demikian pula dengan daftar riwayat hidup yang sejatinya harus dilampirkan bersama lembaran syarat-syarat lainnya. “Intinya banyak yang masih parah nian. Bayangkan, sudah tau mau nyaleg, syarat yang prinsip begitu dak dipenuhi. Bahkan ada yang berkasnya tidak diteken (tanda tangan, red),” ia menjelaskan.

Dailami mengatakan, memang nanti ada waktu khusus perbaikan berkas bacaleg. Namun mestinya hal itu tidaklah menjadi alasan untuk menyerahkan berkas yang terkesan asal-asalan saja. “Memang ada masa perbaikan, tapi kelengkapan berkas ini kan terkait keseriusan nyaleg. Kalau begini kan kesannya ikut-ikut saja,” ujarnya lagi.

Kondisi seperti ini bukan hanya berasal dari parpol tertentu. Semua parpol peserta pemilu ‘menyumbang’ caleg dengan berkas seadanya seperti itu. Padahal mestinya hal itu tak perlu terjadi, karena syarat-syarat pencalonan sudah sejak jauh hari diketahui semua pihak terkait.

Terkait ini, pengamat politik As’ad Isma mengatakan, masa perbaikan mestinya untuk melengkapi hal-hal kecil yang masih kurang. Jika syarat-syarat prinsipil yang tak dilampirkan, itu menunjukkan caleg tersebut patut dipertanyakan keseriusannya. "Bahkan kapabilitas dan integritasnya. Masih jadi bacaleg saja sudah seperti itu, bagaimana nanti sudah jadi anggota DPRD," ujarnya.

Penulis : muhlisin
Editor : rahimin
Sumber : Tribun Jambi
http://jambi.tribunnews.com/2013/05/02/dailami-berkas-lengkap-caleg-hanya-20-persen
Share this post :

Poskan Komentar

 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2013. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>