Headlines News :
Home » » Pajak Restoran Ditarik 10 persen.

Pajak Restoran Ditarik 10 persen.

Written By Info Bungo on Sabtu, 04 Mei 2013 | 18.01

MUARA BUNGO – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bungo dari sector pajak, diprediksi akan meningkat dari tahun sebelumnya. Pasalnya, Pemda Bungo menarik 10 persen pajak restoran/rumah makan dari sebelumnya yang hanya 5 persen.

Kepala DPKAD Rozali melalui Kabid Pendapatan, Bambang, kepada harian ini mengatakan, peningkatan jumlah penarikan pajak restoran itu telah ditentukan dalam Peraturan Daerah (Perda) Bungo nomor 6 tahun 2012.“Perda itu sekaligus mengganti Perda nomor 28 tahun 2002 tentang perihal yang sama (pajak restoran, red),” kata Bambang.

Didalam Perda nomor 6 tahun 2012 pada pasal 3 disebutkan, subjek pajak restoran adalah orang pribadi atau badan yang membeli makanan dan atau minuman dari restoran. “Sifatnya bukan membebani, tapi memang subjek pajak,” jelasnya.

Mengatasi mudahnya pemilik restoran mempermainkan jumlah penerimaan yang secara otomatis membuat setoran pajaknya berkurang kepada Pemda Bungo, kata Bambang setiap restoran dilakukan uji petik. Dengan ini pihaknya berharap mendapatkan data yang paling mendekati realita, sehingga pajak yang dihasilkan bisa maksimal.

Untuk diketahui, pajak restoran pada tahun 2012 lalu, dari target Rp870 juta realisasinya sebesar Rp635 juta lebih atau 73,06 persen. Sementara untuk pajak hotel, dari target Rp300 juta realisasinya mencapai Rp258 juta lebih atau 85,28 persen.

Terpisah, wakil bupati Bungo, H. Mashuri belum lama ini ketika ditanya perihal tersebut mengatakan, mendukung upaya peningkatan tersebut. Bahkan katanya, beberapa restoran di Bungo telah lebih dulu menarik pajak sebesar 10 persen.

“Kita bisa lihat dari strok yang diberikan kepada konsumen, disitu dituliskan pajak 10 persen. Jadi memang tidak seharusnya mereka (pihak restoran, red) keberatan,” tuturnya.(ari)

Sumber:  http://www.bungoteboekspres.com/berita-pajak-restoran-ditarik-10-persen.html
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>