Headlines News :
Home » , » Nama Kapolres Bungo Disebut-sebut. Oknum Polisi Bawa Surat Sakti.

Nama Kapolres Bungo Disebut-sebut. Oknum Polisi Bawa Surat Sakti.

Written By Admin on Senin, 20 Mei 2013 | 12.35


MUARA BUNGO –Pengakuan mengejutkan terlontar dari mulut pimpinan yang menggelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pall 3 milik Yopi Muthalib. Pimpinan SPBU bernama Anton ini menceritakan perihal adanya oknum anggota Polisi Polres Bungo yang membawa 3 lembar surat sakti untuk pengisian BBM yang akan disalurkan ke kecamatan Pelepat Ilir.

Menurut Anton, 1 surat rekomendasi pengisian BBM ini, oknum polisi tersebut bisa mengisi hingga 8 galon BBM, padahal dalam aturannya, 1 surat itu hanya boleh mengisi 100 liter BBM jenis apapun, jika digalonkan lebih kurang 3 galon.

Kondisi inilah yang membuat, pihak SPBU kesulitan untuk melarang ataupun membatasi pengisian dalam bentuk gallon. Anton menyebutkan, oknum polisi ini adalah menantu dari salah satu petinggi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKM Bungo. Disinyalir, surat sakti tersebut, diperoleh dari petinggi Disperindagkop dan UMKM tersebut.

Usaha illegal oknum polisi ini sudah berlangsung cukup lama, dan pembiaran yang dilakukan oleh pemilik SPBU adalah, memberikan peluang dan kebebasan kepada oknum polisi ataupun pialang BBM untuk mengisi minyak dalam bentuk gallon.

“Kami mengakui kalau, petugas operator kami salah, karena membiarkan orang yang membawa surat rekomendasi kecamatan untuk mengisi hingga 8 galon sampai 10 galon 1 surat,” aku Anton.

Selain itu, Anton juga mengakui kalau, ada jasa jika mengisi dalam bentuk gallon, jasa yang diminta oleh pihak SPBU bervariasi, ada yang diminta 1 galon 5 ribu diluar harga BBM dan ada juga yang diminta 7 ribu pergalon.

“Ya memang benar, kami mengambil uang jasa untuk setiap pengisian gallon, ini kami lakukan agar pengisian bisa berjalan lancar,” ungkap Anton sembari mengatakan, kalau di SPBU pall 3, biaya jasa yang diminta sangat kecil, jika dibandingkan di SPBU lain, ada SPBU yang harus membeli tiket dulu seharga Rp 5 ribu, lalu harus membeli Pertamax sebanyak 5 liter, baru diperbolehkan membeli dalam bentuk gallon.

Tindakan pelangsiran bahan bakar minyak ini seperti dilegalkan oleh keamanan yang bertugas di SPBU, menurut Anton dulu pihaknya sudah serahkan semuanya kepada pihak kemamanan dalam hal ini polisi yang bertugas ngepam disana.

“Disini ada tiga polisi yang ngepam, aku dari awal sudah serahkan ke dia, mau ada isi galon atau tidak? Aku kasih opsi dua, kalu ada isi galon yah mungkin kita bisa kasih insentif kepada mereka, tapi kalu tidak boleh yah jangankan insentif, untuk makan dan rokok mereka aja mungkin susah, dan saya tanyakan itu mereka langsung mempersilahkan,” papar Anton.

Lebih parahnya lagi, SPBU ini bukan hanya melayani pembelian yang sesuai aturan bupati, dimana disini juga melayani pembelian galonan bagi masyarakat yang tidak memiliki surat rekomendasi dari dinas koperindag asalkan mambayarkan uang keamanan dan uang pengisian gallon.

Bebasnya transaksi jual beli BBM secara melanggar aturan ini tentunya sangat meresahkan, namun kembali, Anton kemarin menimpalkan, " maaf kata ya, kalau mau, kapolres juga bisa ngepam disini, distribusi galonan bebas, kita bikin seperti Texas, berapapun dia minta kita akan bayar" seloroh Anton seperti menyombongkan diri.

Adanya pungutan liar seperti uang keamanan dan uang isi galonan tersebut juga dibenarkan salah satu pengisi galonan yang enggan di sebutkan namanya.

“Memang ada, untuk uang keamanan Rp.5 ribu pertiga galon, sedangkan uang upah isi galonan Rp.7500 pergalonnya" jelas pengisi BBM galon.(cr1)

Sumber Berita: 
http://www.bungoteboekspres.com/berita-oknum-polisi-bawa-surat-sakti.html


Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

22 Mei 2013 19.38

ini lah kota kita..kami yg di plosok jugo yang tambah susah,..8 ribu satu liter pak..

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>