Headlines News :
Home » » 1500 SAD Bakal Ikuti Kemping KAT Nasional

1500 SAD Bakal Ikuti Kemping KAT Nasional

Written By Admin on Rabu, 08 Mei 2013 | 05.12


SAROLANGUN- Kurang lebih sekitar 1500 orang Suku Anak Dalam  (SAD) yang berada di Kabupaten Sarolangun akan di kumpulkan di acara kemping Komunitas Adat Terpencil (KAT), yang akan di gelar di Desa Mensio Kecamatan Limun Sarolangun. Hal ini dipaparkan oleh Samsul Huda Kadis Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Sarolangun kepada harian ini.
Katanya, dalam waktu dekat Sarolangun akan menjadi tuan rumah kemping KAT Nasional,guna menyelamatkan dan juga melakukan pembinaan terhadap SAD khususnya di Sarolangun.
“Jika tidak ada halangan bulan ini tanggal 21 Mei mendatang kegiatan KAT akan di gelar di Sarolangun,” ungkapnya.
Terkait persoalan itu, pihaknya sudah mendata jumlah populasi SAD di Sarolangun yaitu berjumlah sekitar 1500 orang. Sejumlah tersebut akan di kumpulkan diacara KAT untuk di lakukan pembinaan serta juga bimbingan sosial secara khusus.
“Dari jumlah yang sudah kita data ada sekitar 1500 orang SAD yang bakal kita inapkan disana, dan itu baru dalam wilayah Kabupaten Sarolangun. Belum lagi ditambah dari daerah lain seperti SAD dari Merangain, Bungo, Tebo dan daerah lainnya. Itu semua belum di ketahui berapa jumlahnya,” jelasnya.
Di jelaskannya kembali, dalam kegiatan tersebut semua SAD akan di berikan pembinaan dan juga bimbingan sosial oleh para pakar suku anak dalam baik dari provinsi maupun dari pusat.
“Dalam kegiatan itu nantinya, seluruh SAD Baik dari Sarolangun maupun dari luar akan diberi bimbingan secara khusus selama empat hari. Bentuknya berupa cara bergotong royong, pendidikan maupun  sosial kemasyrakatan dan juga keagamaan bagi yang sudah beragama,” jelasnya.
Di tegaskannya bahwa persoalan pengurusan SAD sangatlah rumit. Oleh sebab itu dirinya berharap seluruh komponen masyrakat agar ikut andil dalam menjaga populasi SAD didaerah ini.
“Rumit sebenar rumit untuk mengurus SAD. Namun, kita akan tetap berupaya keras mencari solusi terbaik agar populasi SAD bisa terjaga dengan baik. Oleh sebab itu peran serta masyarakat sangatlah di harapkan,” tandasnya. (nil)


Sumber Berita: http://www.bungoteboekspres.com/berita-1500--sad-bakal--ikuti-kemping-kat-nasional.html#ixzz2SeT3qInE
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>