Headlines News :
Home » , » Sosialisasi Pencalonan KPUD Memanas

Sosialisasi Pencalonan KPUD Memanas

Written By Admin on Jumat, 05 April 2013 | 23.09

Petinggi Parpol Banyak Gusar
MUARA BUNGO – Rapat sosialisasi pencalonan yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Rabu (03/04), di Sekretarian KPUD Bungo sempat memanas. Anggota KPUD menegaskan, keterwakilan perempuan untuk Dapil I yang meliputi Rimbo Tengah, Pasar Muara Bungo, Bathin III, dan Bathin II harus 3 orang.

Untuk Dapil II, karena jumlah kursi 8, harus ada 3 orang caleg perempuan. Untuk Dapil III harus ada 2 orang, dan Dapil IV yang sebelumnya dijadikan Dapil III harus punya 4 orang caleg perempuan dari satu peserta Pemilu.

“Kurang dari itu, caleg dari peserta pemilu (parpol, red) dianggap tidak ada,” terang anggota KPUD.

KPUD Bungo menuturkan, jumlah caleg perempuan untuk setiap Dapil, elit-elit partai politik yang menghadiri sosialisasi pencalonan kemarin terlihat gusar. “Bagaimana jika jumlah caleg yang diajukan tidak mencukupi 100 persen, apakah caleg perempuan harus tetap berdasarkan ketetapan itu,” tanya Syafri, Ketua PKB Kabupaten Bungo.

Pertanyaan lain juga muncul dari petinggi partai Demokrat Bungo, Effendi Ibrahim. Politisi senior itu juga mengatakan bahwa ketentuan itu akan memberatkan proses pencalonan nantinya. Bagaimana mungkin jika caleg yang didaftarkan kurang dari 100 persen, caleg perempuan harus ada sesuai dengan ketentuan itu.

“Jika jumlah caleg dapil I ada 6, apakah caleg perempuan juga harus 3 untuk dapil I, Kami minta KPU mempelajari lagi aturan ini,” tuturnya.

Pertanyaan demi pertanyaan tentang keterwakilan 30 perempuan kemarin menyita waktu 1 jam lebih. Hingga pada akhirnya dalam rapat kemarin disepakati bahwa jumlah keterwakilan perempuan harus berdasarkan jumlah caleg yang didaftarkan kedepannya.

“Setelah dikaji lebih dalam, keterwakilan 30 persen perempuan mengacu kepada jumlah caleg yang didaftarkan,” terang komisioner KPUD Bungo yang memimpin rapat sosialisasi.
Melihat tingginya respon petinggi partai politik disaat pembahasan keterwakilan kaum perempuan saat pencalegkan 2014 mendatang, menunjukkan bahwa peserta pemilu di Kabupaten Bungo sedikit kesulitan mendapatkan caleg perempuan. (njr) 

Sumber: http://bungoteboekspres.com

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>