Headlines News :
Home » , , » Pileg 2014: Dailami Harap Parpol Legowo Perubahan Dapil

Pileg 2014: Dailami Harap Parpol Legowo Perubahan Dapil

Written By Admin on Selasa, 02 April 2013 | 19.44

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Keputusan KPU pusat yang memasukkan Kecamatan Bungo Dani ke dapil III sempat ditentang banyak pihak. Mayoritas parpol di Bungo, sebelumnya ngotot meminta Bungo Dani masuk dapil I.

 Tidak hanya parpol, tokoh masyarakat, ormas, dan berbagai elemen lainn
ya pun sama. Bahkan KPU Bungo juga bersikap sama persis. Berdasarkan konsultasi publik yang kemudian menjadi bahan rapat pleno, Bungo Dani diusulkan masuk dapil I.

 Tapi keputusan KPU pusat berbicara lain. Dengan alasan perimbangan jumlah anggota DPRD, Bungo Dani masuk dapil III. Sehingga dapil III yang sebelumnya mendapat jatah tiga anggota DPRD, bertambah jadi enam anggota DPRD.

 Demikian pula sebaliknya, dapil I yang sebelumnya akan mendapat slot 12 anggota DPRD, berkurang jadi sembilan. Sejak awal hanya Partai Amanat Nasional (PAN) yang setuju Bungo Dani masuk dapil III.

 Akibat keputusan ini, sejatinya tidak main-main. Penolakan dilakukan semua elemen, bahkan KPU Bungo sampai melobi satu persatu komisioner KPU pusat. Namun keputusan final tetap sama, Bungo Dani masuk dapil III.

 "Karena tahapan sudah begitu mepet, kami harap semua legowo. Agar semua tahapan bisa berjalan normal," ujar Dailami, anggota KPU Bungo, Minggu (31/3).

 Dailami mengatakan, pada Rabu (25/3), KPU Provinsi Jambi dipanggil oleh KPU pusat. Pada kesempatan itu KPU pusat menjelaskan bahkan keputusan memasukkan Bungo Dani ke dapil III tidak dapat dirobah lagi.

 Hari berikutnya, giliran KPU Bungo yang dipanggil KPU provinsi. Terkait hal yang sama, ditekankan bahwa keputusan tersebut sudah final dan mesti dihormati oleh semua pihak terkait.

 "Kesetaraan (jumlah jatah anggota DPRD, red) itu kajiannya. Alhamdulillah tidak ada lagi penolakan lagi. Kita sudah menghubungi beberapa parpol," ujar Dailami lagi.

 Dikatakan Dailami, selain meributkan soal dapil, adala hal lain yang jauh lebih penting dilakukan oleh parpol, yakni fokus pada tahapan. Karena sesuai tahapan yang sudah tersusun rapi, pada 6-8 April nanti KPUD akan mengumumkan pendaftaran caleg, dan pada Selasa (9/4), semua parpol sudah harus menyerahkan daftar calegnya ke KPU Bungo. 


Penulis : muhlisin
Editor : rahimin
Sumber : Tribun Jambi  http://jambi.tribunnews.com/2013/04/01/dailami-harap-parpol-legowo-perubahan-dapil
 
 

Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>