Headlines News :
Home » , » Wagub Tinjau SMK di Jujuhan Kabupaten Bungo

Wagub Tinjau SMK di Jujuhan Kabupaten Bungo

Written By Admin on Senin, 25 Maret 2013 | 09.44

Pemerintah Provinsi Jambi Terus Upayakan Program Pro Job Dalam kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus – H.Fachrori Umar, dilakukan berbagai upaya yang menunjang program pro job (program yang membuka lapangan pekerjaan). 

Salah satu diantaranya adalah menambah jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan tidak menambah jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) yang umum. Bahkan diupayakan komposisi 70 – 30, artinya 70% SMK dan 30% SMA. Dasar pemikirannya adalah lulusan SMK didorong dan diharapkan memiliki keterampilah tertentu, dan dari keterampilan tersebut bisa langsung masuk ke dunia kerja dan bahkan membuka wira usaha, yang berarti pula membuka lapangan kerja yang baru. 

Berkaitan dengan penambahan jumlah SMK untuk menunjang program pro job, tahun 2012 yang lalu, Pemerintah Provinsi Jambi membangun SMK yang baru di Kabupaten Bungo, tepatnya di Desa Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan. Rabu sore (20/3), Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar meninjau SMK yang tidak begitu jauh lagi dengan perbatasan Provinsi Sumatera Barat tersebut. 

Dalam peninjauan tersebut, Wagub didampingi oleh Wakil Bupati (Wabup) Bungo, H.Mashuri; Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Armand; Kepala Biro Ekonomi Pembangunan dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jambi, Henrizal; pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Bungo; Camat Jujuhan; Kepada Desa Rantau Ikil, para guru SMK tersebut, dan tokoh masyarakat setempat. 

Dari pembicaraan Wagub dengan guru-guru SMK itu, sekolah tersebut sudah dua tahun berturut-turut menerima siswa, saat ini sudah ada siswa-siswi kelas 2 dan kelas 1 SMK (kelas 2 berjumlah 16 orang dan kelas 1 berjumlah 9 orang), dengan jurusan Multimedia. Namun untuk sementara tempat kegiatan belajar mengajar sekolah yang rencananya dinamakan SMK Negeri 1 Jujuhan itu masih di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam, juga di desa yang sama. 

Awal tahun ajaran baru nanti (2013/2014) kegiatan belajar mengajar direncanakan akan bertempat di gedung yang baru yang ditinjau oleh Wagub dan rombongan. Selain itu untuk tahun ajaran 2013/2014 direncanakan akan dibuka jurusan Pertambangan, sesuai dengan potensi di wilayah tersebut, yakni banyaknya pertambangan batubara. 

Wagub menyatakan, awal tahun ajaran baru nanti, kegiatan belajar-mengajar sudah dilakukan di gedung sekolah yang baru. Untuk itu apa yang belum rampung termasuk kalau ada yang harus diperbaiki agar sesegera mungkin dirampungkan oleh pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bungo, terutama untuk menyambungkan listrik dan jalan ke gedung sekolah yang baru, ujar Wagub. 

Untuk meubeler sekolah tersebut, yaitu meja, kursi, dan papan tulis, Wagub mengatakan bahwa meubeler sudah cukup bagus dan rapi. Wagub berharap dengan adanya gedung sekolah yang baru, kegiatan-belajar-mengajar bisa berlangsung dengan lebih baik lagi, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat sekitar melalui pendidikan bisa tercapai. 

Selanjutnya Wagub berpesan kepada para guru dan siswa-siswi untuk senantiasa melakukan tanggung jawab sebaik mungkin. Satu hal yang menarik dari pembangunan SMK ini adalah, tanah tempat dibangunnya gedung sekolah merupakan tanah wakaf dari masyarakat setempat. Hal ini berarti ada dukungan yang sangat baik dari masyrakat setempat untuk membangun dan mensukseskan SMK di Desa Rantau Ikil ini. 

Usai meninjau SMK tersebut, Wagub dan rombongan meninjau Yayasan Pondok Pesantren Darussalam, tempat sementara kegiatan belajar-mengajar SMK tersebut. Di Pondok Pesantren Darussalam, Wagub berbincang-bincang dengan guru dan santri-santri pondok pesantren tersebut. Selain itu, Wagub juga memberikan bantuan bagi Pondok Pesantren Darussalam senilai Rp3 juta. 

Sumber : Biro Huma dan Protokol (31/3)
Sumber: http://www.jambiprov.go.id
Ad BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

4 April 2013 09.08

sya anak rantau ikil...
kpn mulai bukaknya,,?

Posting Komentar
 
Info Bungo : Tentang Kami | Maklumat | Disclaimer | Kontak | Komentar | Info Donasi | Surat Terbuka | Your Link
Copyright © 2009 - 2015. Info Bungo - Some Rights Reserved
Template Created by Creating Website >>
>>